HOME » BERITA » MUGEN LUNCURKAN SUPERBIKE BERTENAGA LISTRIK, TORSI MELIMPAH

Mugen Luncurkan Superbike Bertenaga Listrik, Torsi Melimpah

Sepeda motor elektrik identik dengan moda transportasi santai dan berpenampilan futuristik. Namun, kesan tersebut tak berlaku untuk produk besutan Mugen ini.

Selasa, 03 April 2018 11:45 Editor : Cornelius Candra
Foto : Mugen Shinden Nana / auto.ndtv.com

OTOSIA.COM - Sepeda motor elektrik identik dengan moda transportasi santai dan berpenampilan futuristik. Namun, kesan tersebut tak berlaku untuk produk besutan Mugen ini. Pasalnya, kendaraan ramah lingkungan ini akan beradu cepat dalam ajang balap Isle of Man TT 2018. Karena itulah tampilannya cenderung ganas dan memiliki performa superbike.

Mengusung nama Mugen Shinden Nana, motor ini tampil di gelaran Tokyo Motor Show 2018 dan menggantikan posisi Shinden Roku pada balap jalanan tersebut. Melansir dari auto.ndtv.com, armada terbaru tim Mugen ini hadir bersama tiga pembalap mereka, yakni McGuiness, Johnston, dan Anstey.

Berdasarkan sumber yang sama, spesifikasi Mugen Shinden Nana tak jauh berbeda dengan pendahulunya, Shinden Roku. Anggota terbaru keluarga Shinden ini memiliki tenaga 160 HP dengan torsi yang mengerikan, yaitu 210 Nm.

Satu-satunya perbedaan yang mencolok ialah bentuk fairing. Jika versi terdahulu memiliki tepian mulus, kini bagian tersebut terlihat lebih bergerigi. Fungsinya ialah untuk meningkatkan aerodinamika. Bentuk ujung layaknya gergaji itu juga diterapkan pada turbin pesawat terbang.

Kendala Mugen tetap sama, yaitu bobot motor listrik yang cenderung berat. untuk itu, mereka mengandalkan sasis dan swingarm berbahan cabon fiber. Dampaknya ialah terdapat cukup ruang untuk menjejalkan baterai berkapasitas lebih besar daripada Roku. Shinden Nana menggunakan baterai Laminate-type Li-ion lebih dari 370 volt produksi Maxell.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR