HOME » BERITA » MULAI 2040, ERA KENDARAAN BENSIN DAN DIESEL DI FILIPINA BERAKHIR

Mulai 2040, Era Kendaraan Bensin dan Diesel di Filipina Berakhir

Salah satu provinsi di Filipina akan akhiri era kendaraan bensin dan diesel mulai 2040

Minggu, 18 Oktober 2020 15:15 Editor : Ahmad Muzaki
Mulai 2040, Era Kendaraan Bensin dan Diesel di Filipina Berakhir
Mobil listrik Tesla (Tesla)

OTOSIA.COM - Kendaraan listrik akan menjadi transportasi masa depan di seluruh dunia. Bahkan beberapa kota dan negara telah menetapkan aturan pelarangan kendaraan bermesin bensin atau diesel, seperti California.

Rupanya salah satu negara di ASEAN pun akan mengikuti jejak California. Itulah Cavite yang merupakan salah satu provinsi di negara Filipina.

1 dari 2 Halaman

Melansir Autoindustriya, pemerintah provinsi Cavite berencana untuk mencapai nol emisi dalam waktu dekat. Rencananya kendaraan bermesin bensin dan diesel akan dilarang mulai 2035 mendatang. Rencana tersebut diungkapkan Gubernur Cavite, Remulla melalui media sosialnya.

?Dalam jangka panjang, kami mengusulkan program penghentian selama 15 tahun semua mesin berbahan bakar fosil baik dari Pemerintah Daerah maupun Angkutan Umum. Proses tersebut, bagaimanapun, harus mencakup konsultasi, rekayasa, dan analisis dampak ekonomi sebelum diberlakukan. Tujuan kami agar Cavite bebas mesin bensin dan diesel pada 2040, ? kata gubernur.

2 dari 2 Halaman

Rencana ini memang belum resmi ditetapkan. Pemerintah Cavite baru akan membahasnya di beberapa minggu ke depan.

Sementara itu, mengingat proses realisasinya tak mudah, maka membutuhkan waktu yang lama antara 15 hingga 20 tahun lagi. Langkah ini pun harus direncanakan dengan matang, terutama terkait infrastruktur yang memadai.

BERI KOMENTAR