HOME » BERITA » MULAI TAHUN INI, KEMENHUB WAJIBKAN MOBIL BARU PUNYA APAR

Mulai Tahun Ini, Kemenhub Wajibkan Mobil Baru Punya APAR

Ingat, Kemenhub wajibkan mobil memiliki APAR mulai tahun ini

Senin, 18 Januari 2021 12:45 Editor : Ahmad Muzaki
Mulai Tahun Ini, Kemenhub Wajibkan Mobil Baru Punya APAR
Ilustrasi mobil terbakar (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mewajibkan setiap kendaraan roda empat baru memiliki Alat Pemadam Api Ringan (APAR) mulai tahun ini atau 2021.

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor yang diteken pada 18 Februari 2020 lalu. Secara mendetail, kewajiban memiliki APAR untuk mobil baru tertuang pada Pasal 2 Ayat 2.

"(2) Kendaraan bermotor untuk kategori M1, N1, N2, N3, O1, 02, 03, dan 04 untuk mobil penumpang, mobil barang landasan mobil penumpang, dan landasan mobil barang wajib dilengkapi fasilitas tanggap darurat berupa alat pemadam api ringan."

1 dari 2 Halaman

Namun pembeli mobil baru tak perlu khawatir. Pasalnya di aturan tersebut yang dalam Pasal 2 Ayat 3 dan 4 disebutkan bahwa APAR disediakan oleh pengimpor, pembuat, atau perakit kendaraan bermotor. Itu artinya, Otolovers tak perlu membeli sendiri APAR.

"(3) Fasilitas Tanggap Darurat pada kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (2) wajib disediakan oleh pengimpor, pembuat dan/atau perakit Kendaraan Bermotor."

"(4) Dalam hal pengimpor, pembuat dan/atau perakit Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (3) akan melakukan rekayasa dan rancang bangun terhadap alat pemadam api ringan wajib mengacu pada rancang bangun yang telah disahkan oleh Direktur Jenderal."

2 dari 2 Halaman

Kemudian di Pasal 10 disebutkan bahwa jika peraturan ini ditetapkan, maka setiap mobil yang diproduksi wajib menyesuaikan Peraturan Direktur Jenderal tersebut. Berikut bunyi Pasal 10:

"Pada saat Peraturan Direktur Jenderal ini mulai berlaku, kendaraan yang sedang diproduksi wajib menyesuaikan dengan ketentuan Peraturan Direktur Jenderal ini."

Kewajiban memiliki APAR bagi mobil baru bukan tanpa alasan. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan keselamatan berkendara, serta menjadi langkah penindakan terhadap kebakaran kendaraan.

BERI KOMENTAR