HOME » BERITA » MUSCLE CAR KLASIK TERBAKAR DI JAKARTA, INTIP SPESIFIKASI REPLIKA FORD MUSTANG GT500 ELEANOR

Muscle Car Klasik Terbakar di Jakarta, Intip Spesifikasi Replika Ford Mustang GT500 Eleanor

Ford Mustang Shelby Eleanor terbakar di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Berikut spesifikasi lengkap Ford Mustang Eleanor keluaran tahun 1967 tersebut.

Kamis, 29 Juli 2021 09:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Muscle Car Klasik Terbakar di Jakarta, Intip Spesifikasi Replika Ford Mustang GT500 Eleanor
Ford Mustang GT Eleanor yang dilalap api. (Instagram/@tmcpoldametro)

OTOSIA.COM - Ford Mustang klasik yang terbakar di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (26/7/2021) lalu menjadi sorotan. Peristiwa yang diduga disebabkan akibat korsleting sistem kelistrikan itu menyisakan cerita sedih bagi pemiliknya.

Tak hanya itu, barangkali kasus ini juga membuat prihatin pecinta mobil klasik. Pasalnya Ford Mustang klasik bernopol B 60 NNE yang terbakar merupakan mobil langka dan ikonik.

Muscle car tersebut merupakan replika dari Ford Mustang GT500 'Eleanor' yang pernah digunakan pada film Gone in 60 Seconds. Bentuknya yang ikonik kerap menjadi bahan replika penggemar Mustang lawas.

1 dari 5 Halaman

Ada banyak bengkel yang melayani konversi Mustang antik menjadi serupa dengan Eleanor. Salah satunya adalah Unique Performance dari Dallas, Texas, Amerika Serikat. Mereka menyediakan paket konversi lengkap dari eksterior hingga interior.

Salah satu pemesannya adalah orang Indonesia. Unique Performance mengirim seluruh parts yang dibutuhkan ke pemilik Ford Mustang di Jakarta. Tahun 2006, seluruh part akhirnya terpasang pada Ford Mustang lansiran 1967 tersebut.

2 dari 5 Halaman

Eleanor kepunyaan akun instagram @gegesgarage. (Istimewa).

Ford Mustang itu dirombak total dari bodi hingga kaki-kaki. Mobil di cat ulang berwarna Pepper Grey Metallic dengan stripe ganda berwarna hitam dari depan sampai belakang.

Fascia depan mendapat lampu kecil yang menemani lampu utama, foglamp ganda di tengah serta desain bumper khusus. Bumper belakang mengikuti gaya Mustang GT500 1960an dengan bagasi berbentuk ducktail dan lampu rem yang lebih panjang.

3 dari 5 Halaman

Pelek menggunakan Volks Racing GT-V berukuran 19x(9.5+10.5) inci dengan ban Toyo Proxes CT-01. Rem depan menggunakan cakram slotted cross drilled berpiston ganda, sedangkan rem belakang sama namun hanya menggunakan piston tunggal.

Dapur pacunya menggunakan V8 Big Block alumunium 7.000cc 427c.i.d dari Shelby. Tak sebatas mesin besar, ditambah juga satu tabung NOS untuk menambah performa. Menurut spesifikasi Ford, mesin tersebut menyemburkan tenaga 390hp dan torsi 624Nm (tanpa NOS).

4 dari 5 Halaman

Sisi belakang Eleanor kepunyaan akun instagram @gegesgarage. (Istimewa).

Seluruh daya kuda mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi Ford C6 otomatis tiga percepatan. Rasionya pun cukup agresif dengan angka 3.25:1.

Untuk pengendalian, suspensi leaf spring bawaan aslinya diubah menjadi coilovers yang lebih modern dan lebih ideal untuk mobil bertenaga besar. Manuver mobil pun dipermudah karena setir rack and pinion buatan Chris Alston Chassisworks serta sistem power steering.

5 dari 5 Halaman

Interior mobil juga dimodifikasi berat. Walau masih menggunakan dasbor bawaan aslinya, joknya menggunakan kulit baru berwarna hitam dan merah. Setir diubah menjadi tiga palang dengan aksen kayu. Ada juga tuas transmisi dan pedal kaki alumunium.

Mobil ini juga ditambahkan sistem audio modern seperti Head unit merek Blaupunkt, speaker depan dari Pioneer dan belakang menggunakan brand Rainbow, serta subwoofer buatan MTX.

BERI KOMENTAR