HOME » BERITA » MUSIM HUJAN, PAHAMI KAPAN PAKAI WIPER MODE FULL ATAU INTERMITTEN

Musim Hujan, Pahami Kapan Pakai Wiper Mode Full atau Intermitten

Wiper mobil memiliki 4 mode yang bisa dipakai sesuai dengan intensitas hujan.

Rabu, 04 Maret 2020 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
Musim Hujan, Pahami Kapan Pakai Wiper Mode Full atau Intermitten
Empat mode wiper mobil (Hyundai Indoensia)

OTOSIA.COM - Beberapa mobil kekinian sudah dibekali dengan wiper otomatis. Sehingga, kecepatan wiper bisa menyesuaikan dengan intensitas hujan. Sistem kerja wiper otomatis itu didukung oleh inframerah.

Nah, jika mobil Otolovers belum menggunakan wiper otomatis, maka perlu mengetahui kapan menggunakan wiper dengan mode full dan kapan menggunakan mode intermitten.

Melansir laman Hyundai Indonesia, umumnya mobil keluaran terbaru juga memiliki 4 mode untuk wiper. Pertama Mist, mode ini akan aktif ketika Otolovers menggeser tuas satu kali ke atas.

Mode Mist bisa dipakai ketika kondisi kaca depan mobil tertutup air tipis. Mode Mist hanya menyapu permukaan kaca satu kali. Mode Mist lebih baik dipakai saat kondisi hujan grimis dengan intensitas sangat rendah.

1 dari 2 Halaman

Mode INT

Mode kedua, Intermitten atau biasa diberi kode INT. Mode Intermitten berguna untuk intensitas hujan yang lebih tinggi ketimbang Mist. Kondisi hujan masih grimis, namun belum deras.

Mode INT biasanya memberikan pilihan interval penyapuan kaca berkala. Sehingga pengemudi bisa mengatur jeda sapuan wiper. Pengaturannya mudah, cukup memutar bagian ujung dari tuas wiper untuk memilih interval.

2 dari 2 Halaman

Lalu ada mode Full yang terdiri dari dua pilihan. Yakni, LO dan HI. Jika mengaktifkan model Full LO, maka wiper akan terus bergerak dalam kecepatan rendah.

Sedangkan jika mengaktifkan mode Full HI, maka wiper akan terus bergerak dalam kecepatan kencang. Mode Full HI lebih cocok dipakai ketika hujan sangat deras. Dengan demikian, pengemudi bisa memakai wiper sesuai dengan kondisi hujan.

BERI KOMENTAR