HOME » BERITA » MUSIM HUJAN TELAH TIBA, BEGINI TIPS SUPAYA WIPER MOBIL BERFUNGSI DENGAN BAIK

Musim Hujan Telah Tiba, Begini TIps Supaya Wiper Mobil Berfungsi dengan Baik

Supaya wiper mobil tetap dalam performa prima, Otolovers perlu untuk selalu merawatnya. Sebab, menurut Scott Clark Honda, wiper juga bisa mengalami masalah saat hujan turun.

Senin, 29 Oktober 2018 21:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi wiper mobil (The Gale Blog)

OTOSIA.COM - Hujan sudah mulai mengguyur beberapa lokasi di Indonesia. Bahkan hujan perdana pun derasnya tak tanggung-tanggung.

Bagi para pengemudi mobil, tentu keberadaan wiper sangat membantu saat berkendara dalam cuaca hujan. Supaya wiper mobil tetap dalam performa prima, Otolovers perlu untuk selalu merawatnya. Sebab, menurut Scott Clark Honda, wiper juga bisa mengalami masalah saat hujan turun.

Menurutnya ada beberapa tips yang bisa dipakai supaya wiper bekerja sempurna.

1. Jaga Kebersihan Kaca

Sebelum menyapu air menggunakan wiper, ada baiknya membersihkan kaca mobil terlebih dahulu. Sebab, kaca mobil yang kotor dapat membuat umur karet wiper lebih pendek.

Untuk membersihkan kaca jendela, bisa juga menggunakan spons atau handuk kemudian menggunakan sabun dan air, hal ini dapat menghilangkan debu menempel atau mengurangi goresan kaca depan.

2. Jangan Menyalakan Wiper Saat Kondisi Kaca Kering

Wiper pada dasarnya dibuat untuk menepis air atau saat kondisi kaca mobil basah. Sebaliknya jika mengoperasikan wiper saat kaca kering, maka hal itu akan lebih cepat membuat karet wiper rusak.

Jika ingin mengoperasikan kaca wiper, maka ada baiknya terlebih dahulu mengeluarkan cairan wiper. Karena itu, ada baiknya juga mengisi air untuk kaca wiper.

3. Ganti Wiper Setahun Dua Kali

Bilah karet wiper dirancang mampu bertahan sekitar enam bulan, setelah itu akan mengalami penurunan visibilitas ketika mengemudi.

Untuk membantu masalah ini, gantilah wiper setiap enam bulan sekali dengan tepat waktu. Selain itu, Otolovers juga harus melakukan pengecekan pada bagian wiper sebelum terjadi keausan dini dengan ciri-ciri mulai berdecit, dan tidak menyapu air dengan baik.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR