HOME » BERITA » MUSIM HUJAN TIBA, PERHATIKAN 3 HAL INI PADA BAN KAMU

Musim Hujan Tiba, Perhatikan 3 Hal Ini pada Ban Kamu

Rabu, 07 Februari 2018 20:00

Musim Hujan Tiba, Perhatikan 3 Hal Ini pada Ban Kamu
Ilustrasi : michelin.co.id
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Ban motor merupakan salah satu bagian sepeda motor yang memiliki peran penting. Pasalnya, satu-satunya bagian sepeda motor yang menempel ke tanah adalah permukaan ban.

Pada musim hujan, jalan menjadi licin dan memungkinkan sepeda motor akan tergelincir. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan ban masih memiliki daya cengkram yang baik.

Perhatikan 3 hal ini supaya anda aman berkendara di tengah hujan.

1. Tekanan angin

Hal ini menjadi penting karena tekanan berpengaruh pada kekuatan ban dalam berputar. Ban yang kempis akan cepat aus dan membutuhkan bahan bakar lebih banyak untuk membuat sepeda motor melaju.

Tekanan ban juga jangan terlalu tinggi karena akan mengurangi daya cengkramnya. Idealnya, ban depan memiliki tekanan yang berkisar sebesar 29 psi dan belakang mencapai 32 psi. Apabila kendaraan sering digunakan untuk berboncengan dapat diberi tekanan sedikit lebih tinggi.

2. Kondisi alur / motif ban

Pastikan ban sepeda motor anda memiliki alur yang masih dalam. Alur pada ban ini menyebarkan air ke sisi luar ban sehingga memiliki daya cengkeram yang baik, Jika ban telah halus, disarankan melakukan penggantian ban untuk menghindari resiko tergelincir.

3. Ukuran tapak ban

Ban yang dikeluarkan oleh pabrikan sudah memiliki ukuran tapak yang ideal. Hal ini berpengaruh kepada area sentuh antara ban dengan jalan. Semakin kecil area yang bersentuhan, maka kemungkinan tergelincir akan semakin besar. Namun ban bertapak lebar juga memiliki kekurangan, yaitu membutuhkan energi lebih untuk membuat sepeda motor melaju.

 (kpl/crn)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-2-8
detail

BERITA POPULER