HOME » BERITA » MUTASI SIM, TIDAK PERLU UJIAN LAGI

Mutasi SIM, Tidak Perlu Ujian Lagi

Otolovers bisa memutasi SIM dengan beberapa syarat tertentu.

Rabu, 03 Juni 2020 19:45 Editor : Cornelius Candra
Mutasi SIM, Tidak Perlu Ujian Lagi
SIM (Polri)

OTOSIA.COM - Pemilik SIM perlu melakukan mutasi saat berpindah domisili. Ini menjadi pilihan terakhir jika Satpas SIM di daerah tujuan belum bisa memfasilitasi perpanjangan SIM bagi orang-orang yang berasal dari luar kota.

Mutasi SIM artinya seseorang berpindah domisili dari 1 wilayah Polda ke Polda lainnya. Tentu ada beberapa hal yang dilakukan oleh pemohon untuk menggunakan layanan tersebut.

"Pemohon mutasi SIM harus melakukan cabut berkas di Satpas daerah asal. Kemudian, berkas ini diserahkan ke Satpas SIM daerah yang dituju," terang seorang petugas Satpas SIM Polda Metro Jaya di Daan Mogot, Jakarta.

1 dari 1 Halaman

"Berikutnya, mengisi surat permohonan mutasi, membayar biaya mutasi, dan melengkapi berbagai dokumen administrasi yang diperlukan. Nanti, pemohon tidak perlu ujian lagi untuk mendapat SIM baru," tambahnya.

Pilihan lain, Otolovers bisa melakukan perpanjangan SIM secara online jika Polda di daerah yang baru telah memiliki layanan tersebut. Caranya sama seperti perpanjangan SIM pada umumnya.

"Caranya sama, bawa surat keterangan sehat dan dokumen lain. Syarat wajib lainnya adalah sudah memiliki E-KTP. Ini pasti bisa diproses," tutup petugas tersebut.

BERI KOMENTAR