HOME » BERITA » NAIK ANGKUTAN UMUM TAPI TAKUT TAK AMAN? BEGINI TIPSNYA

Naik Angkutan Umum Tapi Takut Tak Aman? Begini Tipsnya

Tak sedikit kejahatan yang terjadi di angkutan umum. Hal itu membuat enggan masyarakat untuk menggunakan transportasi umum. Coba ikuti tips ini untuk terhindar dari kejahatan dalam angkutan umum.

Selasa, 24 April 2018 22:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto: Instagram/humaspoldametrojaya

OTOSIA.COM - Pemerintah sedang berusaha untuk menekan angka kemacetan, salah satunya dengan mengimbau masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

Namun, peminatnya tak banyak karena dirasa tak aman. Humas Polda Metro Jaya, melalui akun instagramnya membagikan tips aman mencegah kejahatan saat naik angkutan umum.

1. Trayek Angkutan

Saat naik angkutan umum, pastikan terlebih dahulu jika angkutan tersebut memiliki trayek yang sesuai tujuan.

2. Segera Ambil Tindakan

Jika merasa ada sesuatu yang mencurigakan di dalam angkutan umum, putuskan untuk langkah yang tepat. Lebih baik segera turun dari angkutan meskipun belum sampai di tempat tujuan. Tapi juga pastikan tempat turun juga aman.

3. Fokus

Bersikap sopan dan ramah memang harus dilakukan. Tapi cobalah untuk lebih fokus dengan rute angkutan. Coba hiraukan ajakan dari orang yang mencurigaakan.

4. Sederhana

Menggunakan barang atau perhiasan yang berlebihan akan membuatmu menjadi mencolok. Hal itu bisa mengundang kejahatan. Hindari hal tersebut.

5. Tetap Terjaga

Kebiasaan penumpang, terlebih penumpang jarak jauh akan memilih tidur untuk membunuh waktu selama perjalanan. Tapi, tahan keinginan untuk tidur dalam angkutan umum. Kita tak ada yang tahu kapan kejahatan datang.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR