HOME » BERITA » NAIK MOTOR SAAT HUJAN TETAP MENYENANGKAN, BEGINI CARANYA

Naik Motor Saat Hujan Tetap Menyenangkan, Begini Caranya

Kamis, 29 November 2018 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi berkendara sepeda motor saat hujan (Drivespark)

OTOSIA.COM - Kata siapa naik motor saat hujan selalu menyebalkan? Bisa juga lho naik motor saat hujan jadi menyenangkan.

Seperti yang disebutkan oleh situs sportrider.com, ada beberapa tips yang bisa membuat berkendara motor tetap menyenangkan walaupun hujan.

1. Pilih pakaian perlengkapan berkendara yang tepat

Ada baiknya saat hujan menggunakan beragam pakaian perlengkapan anti air, mulai dari jaket, sarung tangan, sepatu. Pastikan alat yang digunakan dapat menepis air dan mampu memberikan kehangatan ekstra.

Jika merasa kurang menghangatkan, ada baiknya menggunakan lapisan lebih tebal, namun tetap mudah dilepaskan.

Pada bagian helm, pastikan bagian kaca dilengkapi kaca anti kabut. Hal ini agar visibilitas Anda saat berkendara lebih aman, terlebih saat malam hari.

Karena musim hujan, ada baiknya selalu membawa pakain pengganti dan mampu menghangatkan tubuh.

2. Carilah celah jalanan yang kering

Jika saat hujan tiba, pastikan jalanan yang hendak dilewati kondisinya lebih tinggi atau kering, hal ini agar Anda lebih mudah bermanuver

3. Berhati-hati dengan adanya lubang got dan trotoar

Saat musim hujan, kerap kali terdapat genangan. Namun tak sedikit yang tertipu genangan yang dimaksud ternyata saluran pembuangan atau got.

Selain itu, perhatikan juga bagian trotoar karena saat hujan banyak trotoar bisa cukup berbahaya karena terkadang ikut terendam air, sehingga Anda tak mengetahui di mana pembatas jalan tersebut.

4. Berhati-hati saat di persimpangan jalan

Tak dapat dipungkiri saat di persimpangan jalan ada saja mobil yang mengeluarkan cairan, termasuk bagian oli yang terbawa arus air hujan. Karena itu jalanan dipersimpangan kerap menjadi lebih licin saat hujan.

Selain itu, tetaplah waspada dengan cara melihat kaca spion, Sebab, bukan tak mungkin ada kendaraan lain meluncur dari belakang.

Sebaliknya juga Anda, ketika mengetahui di depan ada persimpangan maka kurangi kecepatan. Hal ini agar Anda tak terkejut dengan adanya mobil yang berhenti di depan secara tiba-tiba.

5. Lebih bijak berkendara

Saat berkendara dalam kondisi tidak ideal seperti musim hujan, ada baiknya kecepatan yang hendak Anda lakukan dapat lebih disesuaikan

Karena musim hujan jalanan menjadi licin, maka pengereman perlu dijaga. Jika karena Anda ngebut, maka saat rem hal itu bisa terjadi slip sehingga Anda akan terjatuh.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR