HOME » BERITA » NANTI MALAM! BAHAS TUNTAS WACANA POLISI TAK LAGI TILANG PELANGGAR

Nanti Malam! Bahas Tuntas Wacana Polisi Tak Lagi Tilang Pelanggar

Nanti malam! Jangan lupa Oto Talks! Edisi Rabu (11/2/2021) di Instagram Otosia.com yang akan mengulas wacara polisi tak lagi tilang pelanggar

Kamis, 11 Februari 2021 12:30 Editor : Ahmad Muzaki
Oto Talks! Otosia.com

OTOSIA.COM - Sebelum resmi dilantik menjadi Kapolri baru, Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam fit and proper test di Komisi Hukum DPR RI berencana untuk menghapus tilang fisik. Sebagai gantinya, mekanisme penegakan aturan lalu lintas akan menggunakan tilang elektronik.

Penerapan aturan ini tentu bukan tanpa alasan, ia menyebut jika tilang elektronik merupakan sistem yang efektif untuk mengurangi suap yang terjadi di lapangan.

Regulasi terkait tilang elektronik sendiri sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) dan Peraturan PemerintahNomor 80 tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sejak digaungkan, wacana ini menjadi polemik tersendiri. Banyak yang setuju, seperti Ketua Mahkamah Agung, Syarifuddin dan ada pula yang tidak.

Lantas, seberapa efektifkah langkah ini jika benar-benar diterapkan?

Permasalahan ini akan dibahas tuntas dalam Oto Talks! edisi Kamis (11/2/2021), pukul 19.00 WIB bersama Jusri Pulubuhu, Chief Instructor of Jakarta Defensive Driving Consulting.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh otosia (@otosia)

(kpl/ahm)

BERI KOMENTAR