HOME » BERITA » NASIB FEDERAL OIL DI TENGAH WACANA MOBIL LISTRIK

Nasib Federal Oil di Tengah Wacana Mobil Listrik

Federal Oil mulai mengatur rencana di tengah pesatnya pengembangan mobil listrik.

Kamis, 26 September 2019 16:15 Editor : Cornelius Candra
Nasib Federal Oil di Tengah Wacana Mobil Listrik
Federal Oil (Otosia.com/ Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Mobil berpembakaran dalam membutuhkan pelumas alias oli mesin. Salah satu brand pelumas yang beredar di Indonesia adalah Federal Oil. Namun di tengah geliat usahanya, tren mobil listrik sedang menggema. Lantas bagaimana nasib produsen oli mesin seperti mereka?

Menurut Patrick Adhiatmadja, President Director PT Federal Karyatama (Federal Oil), ada tiga hal penting bagi kendaraan elektrik ini menjadi sebuah industri. Satu, peraturan pemerintah.

"Ini baru keluar framework-nya baru kerangkanya belum detail seperti pada industrinya akan seperti apa. Kedua, pengaturan standar. Jadi dari pemerintah akan keluar standar-standar baru, seperti standar pengelolaan limbahnya, pengisian ulang seperti apa. Itu dulu," ujarnya.

Jika belum ada standarnya, menurutnya orang-orang tidak akan tergerak untuk investasi.

"Kalau standarnya tidak ada, pasarnya dia juga tidak akan banyak (bingung) dia harus ikut yang mana. Selain itu bingung juga kalau jarak kantor jauh belum pulang apakah kantor membolehkan charge dulu," tambahnya.

1 dari 1 Halaman

Siapkan Produk Baru

Nasib Federal Oil di Tengah Wacana Mobil ListrikSiapkan Produk Baru

Sekalipun demikian, ia mendukung program ini walaupun jika melihat pandangan di atas, maka penggunaan mobil listrik secara menyeluruh masih jauh.

"Di luar itu sekalipun sudah jadi industri, akan ada pasar yang tidak tersentuh. Truk. Di daerah banyak. Gede butuh charge lama, infrastrukturnya bagaimana. Kemudian perkapalan, yang juga tidak mungkin charging di tengah laut," kata dia.

Akan tetapi bukan berarti perusahaan pelumas belum siap. Sister brand mereka, Mobil, di bawah grup Exxonmobil sudah memasarkan pelumas khusus mobil listrik.

"Mobil bahkan sudah launching namanya Mobil EV. Pelumas-pelumas yang akan digunakan di mobil listrik. Misalnya gear oil, gemuk," ujarnya.

BERI KOMENTAR