HOME » BERITA » NASIB MOBIL ESEMKA, INI TANGGAPAN JOKOWI

Nasib Mobil Esemka, Ini Tanggapan Jokowi

Jum'at, 03 Agustus 2018 14:15

Nasib Mobil Esemka, Ini Tanggapan Jokowi
Foto: Liputan6.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Kendaraan pedesaan buatan anak bangsa yang disebut Alat Mekanis Multiguna Pedesaan kemarin (2/8) diresmikan dalam ajang GIIAS 2018. Pada kesempatan tersebut, hadir pula pResiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Munculnya mantan Walikota Solo itu sontak saja mengingatkan kita akan peristiwa beberapa tahun lalu, di mana Jokowi sangat gencar terhadap kehadiran mobil buatan Indonesia yaitu Esemka. Ya, mobil ini sempat digadang-gadang Jokowi kala itu bakal masuk jalur produksi untuk dibuat massal.

Selain itu, Esemka juga diklaim telah terpesan ribuan oleh konsumen di Tanah Air. Lantas apa kata Jokowi soal Esemka saat ini?

Menurut dia, saat ini persaingan otomotif sangat ketat. Bahkan mobil dengan desain bagus dan lokal konten tinggi, hal itu akan sulit bersaing jika harga tidak kompetitif.

"Esemka sudah diambil alih industri, kalau memang nanti pabrik Esemka sudah selesai dan bisa memproduksi, ya silahkan, karena itu memamg kewajiban pemerintah untuk terus mendorong agar industri otomotif berkembang," ungkap Jokowi dalam Liputan6.com, Kamis (2/8/2018).

Sementara itu Sukiat, salah satu pelopor mobil Esemka yang kini menjabat sebagai Presiden Commisioner PT Kiat Mahalesa Wintor Indonesia (KMW) menyatakan bahwa Esemka sudah tak lagi ditanganinya. "Tapi sekarang masih ada, masih melakukan inovasi (studi dan pengembangan)," ucap Sukiat di tempat yang sama.

Sukiat juga berharap, ke depan, Esemka diharapkan bakal hadir kembali dengan pengembangan terbaru sehingga mampu bersaing dengan produk-produk lain.

Sumber: Liputan6.com

 (kpl/crn)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-8-6
detail

BERITA POPULER