HOME » BERITA » NASIB TRAGIS PABRIKAN MOBIL MEWAH INFINITI

Nasib Tragis Pabrikan Mobil Mewah Infiniti

Pasar otomotif Indonesia terus mengalami perkembangan dan dianggap potensial. Tak heran jika banyak pabrikan yang memasarkan produknya di tanah air dan berbuah manis.

Jum'at, 18 Mei 2018 17:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Infiniti KSA/ infiniti-alghassan.com

OTOSIA.COM - Pasar otomotif Indonesia terus mengalami perkembangan dan dianggap potensial. Tak heran jika banyak pabrikan yang memasarkan produknya di tanah air dan berbuah manis. Namun, lain cerita dengan produsen mobil mewah asal Jepang, Infiniti, yang berakhir tragis.

Bahkan di tahun ini, Infiniti yang masih berada di bawah payung PT Nissan Motor Indonesia (NMI), namanya tak ada lagi dari data keanggotaan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Pasalnya, brand mobil mewah yang satu ini tercatat mulai masuk anggota Gaikindo sejak 2011 silam. Sebagai pendatang baru kala itu, Infiniti berhasil menjual 56 unit.

Angka penjualan di 2011 itu rupanya cukup baik, melihat ada beberapa merek mobil lainnya justru di bawah Infiniti, seperti Land Rover (53 unit), VW (53 unit), Jaguar (51 unit), dan MINI (14 unit).

Namun seiring waktu berjalan, penjualan Infiniti ternyata bukan meningkat, sebaliknya justru lesu hal ini terlihat pada 2012 hanya terjual 36 unit.

Di tahun-tahun berikutnya penjualan Infiniti makin lesu, pada 2013 hanya 16 unit, kemudian pada 2014 hanya mencapai delapan unit, di 2015 laku sembilan unit, lalu pada 2016 cuma satu unit, dan terakhir di 2017 nihil alias tak ada transaksi penjualan.

Tak hanya penjualan yang lesu, dealer Infiniti yang diketahui berlokasi di jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan kini menghilang dan digantikan dengan dealer Suzuki.

Hal ini dibenarkan langsung Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra. Kepada Liputan6.com, Donny menyatakan dealer Suzuki yang menggantikan Infiniti telah ada sejak dua bulan lalu.

Donny menyatakan bahwa ia telah mempertimbangkan mengenai lokasi tersebut. Bahkan, pihaknya sudah melakukan survei visibilitas.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR