HOME » BERITA » NEGARA INI BERENCANA LARANG MOBIL KONVENSIONAL

Negara Ini Berencana Larang Mobil Konvensional

Mencegah perubahan iklim, mobil konvensional akan dilarang.

Sabtu, 07 September 2019 14:15 Editor : Cornelius Candra
Negara Ini Berencana Larang Mobil Konvensional
Skotlandia (Motoring Research)

OTOSIA.COM - Polusi udara dan pemanasan global nampaknya benar-benar menyita perhatian dunia. Mobil konvensional disebut-sebut sebagai salah satu penyebabnya.

Karena itu, mengutip dari Motoring Research, pemerintah Skotlandia berencana untuk melarang mobil konvensional pada 2030 mendatang.

Menteri Skotlandia, Nicola Sturgeon, juga setuju bahwa negara yang beribukota di Glasgow itu akan menargetkan zero emission atau tanpa emisi gas buang di tahun 2045. Tentu masyarakatnya diharapkan berpindah ke kendaraan listrik.

1 dari 2 Halaman

Cegah Dampak Berikutnya

Negara Ini Berencana Larang Mobil KonvensionalCegah Dampak Berikutnya

"Rencana pelarangan kendaraan konvensional di pusat kota adalah hal yang masuk akan untuk tahun 2030," ujar Andrew Llanwarne, koordinator salah satu organisasi pemerhati lingkungan di Skotlandia.

Pelarangan ini merupakan 1 dari 12 cara yang digunakan pemerintah Skotlandia sebagai bentuk tanggung jawab pada isu pemanasan global.

"Kita telah melihat efek perubahan iklim, sekarang saatnya untuk menghindari egek yang lebih buruk lagi," jelas Claire March, CEO Scottisch Renewables, perusahaan energi terbarukan di Skotlandia.

2 dari 2 Halaman

Pembatasan di Jakarta

Negara Ini Berencana Larang Mobil KonvensionalPembatasan di Jakarta

Isu mengenai polusi udara juga telah berkembang di Indonesia, terlebih Jakarta. Pencemaran itu disebut-sebut diakibatkan oleh kemacetan sepanjang hari dalam jangka waktu yang lama.

Karena itu, Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta berencana membatasi usia kendaraan di jalanan Jakarta. Nantinya, kendaraan di atas 10 tahun akan dilarang beroperasi.

Dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 tahun 2019, Anies akan memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan umum maupun pribadi pada tahun 2019. Harapannya aturan ini dapat mengurangi polusi di Jakarta.

BERI KOMENTAR