HOME » BERITA » NEKAT PAKAI KACAMATA HITAM MURAH SAAT NYETIR, DENDANYA BISA PULUHAN JUTA RUPIAH

Nekat Pakai Kacamata Hitam Murah saat Nyetir, Dendanya Bisa Puluhan Juta Rupiah

Seringkali pengemudi mobil mengandalkan kacamata hitam ketika berkendara di hari yang terik. Kacamata yang dipakai rupanya tak bisa asal kacamata hitam.

Sabtu, 07 Maret 2020 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
Nekat Pakai Kacamata Hitam Murah saat Nyetir, Dendanya Bisa Puluhan Juta Rupiah
Mengemudi sambil memakai kacamata hitam (The Sun)

OTOSIA.COM - Memakai kacamata hitam saat berkendara di hari yang terik bisa membantu mengurangi kesilauan. Akan tetapi, perlu dikethaui bahwa kacamata hitam memiliki kategori atau tingkat kegelapan pada lensanya.

Menurut The Sun, ada 4 kategori kacamata hitam. Rata-rata yang dipakai adalah level 2, yang mana bisa mengurangi cahaya terang yang masuk ke amta 18-43 persen. Jenis inilah yang direkomendasikan untuk dipakai ketika berkendara.

Sayangnya, masih banyak pengendara yang menggunakan kacamata hitam yang lebih gelap daripada tersebut. Di Inggris, hal seperti ini dianggap melanggar aturan lalu lintas.

Bahkan ketika kondisi hari benar-benar terik sekalipun. Apalagi jika kacamata tersebut tak layak atau berharga murah. Hal itu bisa membuat pengguna jalan lain atau pejalan kaki dalam kondisi bahaya, lantaran si pengemudi tak memiliki visibilitas yang baik.

1 dari 1 Halaman

Dalam Highway Code, pengemudi yang memiliki visibilitas buruk atau berkendara saat malam hari tak boleh menggunakan kacamata berwara. Termasuk juga kacamata yang hanya untuk bergaya, dianggap akan bisa menimbulkan masalah abgi pengemudi.

Jika tetap nekat mengenakannya, maka dendanya bisa mencapai GBP 100 atau rp 1,8 jutaan (Kurs GBP 1 = Rp 18.600) dan mendapatkan 3 poin pinalti, untuk penindakan di tempat. Sedangkan jika permasalahan tersebut sampai dibawa ke meja pengadilan, maka dendanya bisa mencapai GBP 5.000 (Rp 93 jutaan), 9 poin pinalti, dan parahnya bisa dilarang berkendara.

BERI KOMENTAR