HOME » BERITA » NEKAT PAKAI OLI MESIN MATIK UNTUK MOTOR MANUAL, AWAS KOPLING SELIP

Nekat Pakai Oli Mesin Matik untuk Motor Manual, Awas Kopling Selip

Penggunaan oli mesin pada sepeda motor harus disesuaikan dengan jenis sepeda motor. Jika tidak, ada beberapa komponen sepeda motor yang justru akan bisa bermasalah.

Rabu, 24 Maret 2021 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Nekat Pakai Oli Mesin Matik untuk Motor Manual, Awas Kopling Selip
Ilustrasi ganti oli motor (Twelftroundauto.com)

OTOSIA.COM - Penggunaan oli mesin perlu disesuaikan dengan jenis sepeda motor. Jika jenisnya otomatis atau matik, maka penggunaannya harus oli khusus mesin motor matik.

Begitu pula untuk sepeda motor jenis manual. Lalu bagaimana jika oli mesin matik dipakai untuk motor manual?

Melansir laman resmi Federal Oil, harus diketahui dahulu, jika motor manual dan skutik ini memiliki sistem yang berbeda.

Karena motor manual ini memakai kopling basah yang artinya kopling ini akan terendam oleh oli, dan berbeda dengan motor matik yang memakai kopling kering.

1 dari 3 Halaman

Oli Matik Dipakai Untuk Motor Manual

Jika motor manual menggunakan oli khusus motor matik maka bisa menyebabkan terjadinya selip kopling. Hal ini karena pelumas oli mesin motor matik lebih dikhususkan pada kinerja dari mesin.

Ini berarti formula pada oli matik berguna untuk mengurangi gesekan pada mesin seminim mungkin, hal ini akan membuat mesin menjadi bekerja lebih ringan dan juga pemakaian bahan bakar menjadi lebih efisien.

2 dari 3 Halaman

Oli Manual Dipakai Untuk Motor Matik

Lalu bagaimana jika oli motor manual dipakai untuk motor matik? Nah karena motor matik ini kebanyakan menggunakan kopling kering, dan pada kopling kering ini berada di CVT jadi tugas dari oli hanya untuk memberikan perlindungan internal terhadap mesin saja. Jadi, bukan menjadi masalah jika oli manual dipakai untuk motor matik.

Jadi, kesimpulannya adalah oli motor manual ini tidak disarankan jika dipakai untuk motor matik, begitu pun sebaliknya. Oli motor matik tidak disarankan dipakai untuk motor manual.

Jika kita menggunakan oli motor matik untuk motor manual maka resikonya akan terjadi selip kopling pada motor manual.

3 dari 3 Halaman

Cara Membedakan Oli Motor Manual dan Oli Motor Matik

Setelah mengetahui apakah oli manual aman dipakai untuk motor matik dan juga sebaliknya, tentu saja yang memiliki motor matik akan tenang-tenang saja sebab tidak masalah motor matik menggunakan oli motor manual.

Namun bagi yang memiliki motor manual tentu saja akan berhati-hati dalam memilih oli agar tidak salah pilih.

Penulis: Arief Aszhari

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR