HOME » BERITA » NGAKU TNI, PENJUAL HONDA BEAT TIPU-TIPU KENA BATUNYA

Ngaku TNI, Penjual Honda Beat Tipu-Tipu Kena Batunya

Modus penipuan jual-beli kendaraan dengan mengaku sebagai TNI kembali terjadi. Kali ini, penjual tersebut mengaku sedang di Aceh dan menjual Honda Beat yang memiliki nomor polisi Bandung.

Rabu, 17 Juli 2019 13:30 Editor : Dini Arining Tyas
Ngaku TNI, Penjual Honda Beat Tipu-Tipu Kena Batunya
Unggahan Krezy Indra di grup FB JUAL BELI MOTOR BEKAS WILAYAH INDRAMAYU (Facebook)

OTOSIA.COM - Membeli kendaraan pun sekarang bisa dilakukan secara online. Biasanya lewat marketplace atau akun media sosial pemiliknya secara langsung.

Tapi kemudahan ini tak bisa begitu saja dipercaya. Banyak pihak yang justru memanfaatkan kecanggihan teknologi dan kemudahan ini untuk menipu.

Seperti yang terjadi baru-baru ini. Pemilik akun Facebook Krezy Indra membagikan cerita soal tipu-tipu penjualan motor bekas lewat Facebook yang mana penjualnya mengaku sebagai anggota TNI. Cerita berupa tangkapan layar itu dibagikan melalui grup Facebook JUAL BELI MOTOR BEKAS WILAYAH INDRAMAYU.

Akun Facebook Nisa Nisa menjual sepeda motor matik Honda Beat berwarna biru putih. "HONDA BEAT TAHUN 2015 HARGA 7,5 JT NEGO MOTOR SESUAI GAMBAR GAN, MASIH STANDAR ORI, MESIN NORMAL SURAT2 LENGKAP, PAJAK JALAN MINAT LANGSUNG WA AJA WA 085696005242," begitu tertera keterangan motor yang dijual.

Unggahan Krezy Indra di grup FB JUAL BELI MOTOR BEKAS WILAYAH INDRAMAYU (Facebook)

1 dari 8 Halaman

Posisi di Aceh

Ngaku TNI, Penjual Honda Beat Tipu-Tipu Kena BatunyaPosisi di Aceh

Karena harganya menarik nomor tersebut coba untuk dihubungi. Pada awal percakapan, terlihat masih normal. Calon membeli menanyakan kebenaran motor dan si penjual menjawabnya dengan sabar.

Si penjual itu mengatakan posisinya kini sedang berada di Aceh. Tapi Honda Beat tersebut masih menggunakan nomor polisi Bandung, lantaran motor tersebut bekas dia pakai saat pelatihan.

2 dari 8 Halaman

Alur Transaksi

Ngaku TNI, Penjual Honda Beat Tipu-Tipu Kena BatunyaAlur Transaksi

Bahkan si penjual menjelaskan alur transaksi yang akan mereka jalani jika memang si calon pembeli serius meminang motornya itu. Terlihat sudah sering menjual motor jarak jauh.

3 dari 8 Halaman

Foto TNI

Ngaku TNI, Penjual Honda Beat Tipu-Tipu Kena BatunyaFoto TNI

Si penjual ini pun tak ragu mengirimkan foto dirinya yang sedang memakai seragam TNI lengkap dengan hand-band khas TNI, Kartu Tanda Anggota TNI, dan KTP. Dia juga mengirimkan foto Honda Beat, dengan posisi sama seperti foto yang dia unggah ke Facebook.

Unggahan Krezy Indra di grup FB JUAL BELI MOTOR BEKAS WILAYAH INDRAMAYU (Facebook)

4 dari 8 Halaman

Harga Lebih Murah

Ngaku TNI, Penjual Honda Beat Tipu-Tipu Kena BatunyaHarga Lebih Murah

Hingga akhirnya, si calon pembeli ini mulai melakukan penawaran harga. Dari harga dibuka pada Rp 7 juta termasuk ongkos kirim, si penjual ini ternyata rela melepas Beat itu dengan harga Rp 6,5 juta saat ditawar.

Dia juga menawarkan skema pembayaran setengah di awal dan setengah lagi untuk pelunasaan saat motor sudah sampai di tangan si calon pembeli.

5 dari 8 Halaman

Foto Pelat Nomor

Ngaku TNI, Penjual Honda Beat Tipu-Tipu Kena BatunyaFoto Pelat Nomor

Lalu, si calon pembeli meminta foto TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor). Tak hanya foto pelat nomor yang dikirim, si penjual itu mengirimi foto STNK dan BPKB.

Unggahan Krezy Indra di grup FB JUAL BELI MOTOR BEKAS WILAYAH INDRAMAYU (Facebook)

6 dari 8 Halaman

Ngaku Sibuk Dinas

Ngaku TNI, Penjual Honda Beat Tipu-Tipu Kena BatunyaNgaku Sibuk Dinas

Tapi rupanya itu belum cukup meyakinkan si calon pembeli. Lantas permintaan si calon pembeli sederhana, foto pelat nomor yang terpasang pada sepeda motor. Permintaan ditolak, dengan dalih si penjual sibuk sedang sibuk bertugas.

7 dari 8 Halaman

Ketahuan Penipuan

Ngaku TNI, Penjual Honda Beat Tipu-Tipu Kena BatunyaKetahuan Penipuan

Rupa-rupanya, si calon pembeli ini sudah melacak nomor polisi kendaraan tersebut. Hasilnya, dia menemukan kalau penjual Honda Beat yang mengaku TNI itu hanya mencoba menipu. Lucunya, si penjual itu justru mengatai si calon pembeli.

8 dari 8 Halaman

Bukan Honda Beat

Ngaku TNI, Penjual Honda Beat Tipu-Tipu Kena BatunyaBukan Honda Beat

Unggahan itu pun menarik perhatian netizen. Ada netizen yang juga coba melacak nomor polisi kendaraan tersebut melalui Sambara (Samsat Mobile Jawa barat). Hasilnya, bukan Honda Beat seperti yang penjual tawarkan. Melainkan Honda C70 yang sudah menunggak pajak selama lebih dari 5 tahun.

"Di cek plt nomornya keluar nya CB," tulis akun Fawaz Aza.

BERI KOMENTAR