HOME » BERITA » NISSAN BERIKAN GARANSI UNTUK BATERAI

Nissan Berikan Garansi untuk Baterai

Jum'at, 28 Desember 2012 21:08

Nissan Berikan Garansi untuk Baterai
Nissan Leaf
Editor : Anton

Otosia.com - Guna meningkatkan layanan purna jual Leaf, Nissan Motor Company memberikan paket garansi yang lebih menguntungkan bagi konsumennya di Amerika Serikat (AS) mulai tahun depan. Garansi tersebut diberikan untuk komponen baterai, yang selama ini seringkali dikeluhkan soal daya tahanan yang tak sesuai harapan.

Keluhan disampaikan tujuh konsumen dari Phoenix yang mengaku terjadi penurunan kualitas baterai pada Leaf yang mereka miliki. Musim panas lalu, Nissan langsung bereaksi dengan mengirim sejumlah tenaga ahli ke Phoenix untuk melakukan penyelidikan.

Nissan siap memperbaiki dan mengganti baterai yang 'soak' hingga 30 persen dalam rentang waktu lima tahun atau 60.000 mil (96.560,6 km). Garansi ini juga ditawarkan kepada Leaf yang sudah dijual ke konsumen dan terbilang baru. Sebelumnya, baterai tidak masuk dalam klausul penggantian.

Andy Palmer, Executive Vice President Nissan Motor Company, melalui surat resmi yang diunggah pada situs konsumen di AS (mynissanleaf.com), mengatakan harga baterai lithium-ion yang digunakan Leaf jauh lebih mahal ketimbang jenis lead-acid (konvensional).

"Nissan akan melindungi konsumen Leaf. Khususnya bila kinerja baterai menurun, hanya bisa menyimpan energi sampai 9 kotak dari (indikator baterai) dari  kemampuan maksimum 12 kotak di panel di dasbor. Kalau indikator menunjukkan 9 kotak, berarti tenaga baterai tinggal 70 persen dari kapasitas maksimumnya," tulis Palmer.

Langkah ini ditujukan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap kinerja baterai. Karena sebagian besar pengendara Leaf tak terlalu memperhatikan penurunan kemampuan baterai dalam menyimpan tenaga.(kpl/bun)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-3
detail

BERITA POPULER