HOME » BERITA » NISSAN BERSIAP HADIRKAN PESAING KUAT TOYOTA INNOVA

Nissan Bersiap Hadirkan Pesaing Kuat Toyota Innova

Selasa, 25 September 2018 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Autoindustriya

OTOSIA.COM - Toyota Kijang Innova menjadi salah satu MPV yang memberikan pengalaman berkendara menyenangkan dan nyaman. Tak heran jika Innova memiliki banyak loyalis.

Tak hanya di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara pun, Toyotoa Innova menjadi produk yang laris. Tak sedikit brand lain yang ingin menyaingi MPV Toyota ini.

Sejak 2004, Toyota Innova disebut tak memiliki kompetitor yang benar-benar sebanding di kelasnya. Melansir Autoindustriya, saingan Innova dulu berasal dari Mitsubishi Freeca dan Isuzu Panther. Hanya saja dua kompetitor itu hingga kini tak ada kabarnya.

Kini kabar kompetitor Innova berasal dari Nissan. Yap, Nissan dikabarkan sedang mempersiapkan MPV untuk menyaingi Innova.

Di Asia Tenggara, rata-rata pabrikan mobil akan menggunakan platfrom body-on-frame untuk dua model, biasanya untuk truk pick-up dan model pick-up passenger vehicle (PPV). Seperti Isuzu D-Max dan MU-X, Ford Ranger dan Everest, Mitsubishi Strada dan Pajero Sport, serta Nissan Navara dan Terra.

Foto by Toyota

Hanya Toyota yang menggunakan platformnya untuk tiga model, yakni HiLux, Fortuner, dan Innova.

Saat ditanya soal rival Innova, General Manager Nissan Light Commercial Vehicle (LCV) Product Planning, Hiroshi Nagasuka menjawab singkat, iya. Nissan sedang mempersiapkan model larger MPV, tapi tidak akan dirilis dalam waktu dekat. Perusahaan masih mempelajari proyek tersebut.

Banyak yang sudah tahu bahwa Nissan sedang mengerjakan proyek turunan Mitsubishi Xpander, melalui aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Hasil proyek itu akan bersaing dengan Toyota Rush dan Honda BR-V. Tapi bukan proyek ini yang ditanyakan sehingga dijawab iya oleh Nagasuka.

Nagasuka juga mengisyaratkan bahwa mungkin aliansi bisa bermanfaat untuk pengembangan ini, dengan alasan bahwa Renault-Nissan Mitsubishi, adalah kekuatan utama mereka dari perspektif global.

MPV yang lebih besar, sepertinya menarik untuk pasar Indonesia, India dan Filipina. Bahkan di Filipina, Nissan mencatatkan penjualan terbaik mereka bulan lalu, dari hasil penjualan Navara dan Terra.

 (kpl/tys)

BERI KOMENTAR