HOME » BERITA » NISSAN INDONESIA ANGKAT BICARA TERKAIT PENUTUPAN PABRIK

Nissan Indonesia Angkat Bicara Terkait Penutupan Pabrik

Nissan Motor Company telah memutuskan untuk menutup pabrik di Indonesia.

Sabtu, 30 Mei 2020 16:45 Editor : Cornelius Candra
Nissan Indonesia Angkat Bicara Terkait Penutupan Pabrik
Setir Nissan X-Trail (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Belum lama ini CEO Nissan Motor Company, Makoto Uchida menyatakan bahwa perusahaannya akan menutup pabrik di Indonesia. Rencana itu bertujuan untuk mendorong utilisasi pabrik di atas 80% dan memperbesar profit.

Terkait hal ini, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) pun angkat bicara. Hana Maharani, Head of Communications NMI menyebut bahwa sebenarnya penutupan pabrik tersebut tak terlepas dari penghentian produksi sejak Maret 2020.

"Pengumuman dari CEO Makoto adalah closure of manufaturing facility, penutupannya. Sebenarnya, penghentian produksi sudah sejak Maret 2020 kemarin," jelas Hana saat dihubungi redaksi Otosia (30/5).

1 dari 1 Halaman

"Nissan telah memutuskan untuk menghentikan produksi kendaraan di pabrik Nissan di Indonesia. Ini adalah bagian dari rencana optimasi yang mencakup rightsizing, produksi, dan reorganisasi operasi bisnis," tambahnya.

Artinya, berbagai mobil Nissan yang dijual di Indonesia kini berstatus CBU (completely built-up) atau diimpor secara langsung dari Thailand dan Jepang. Sedangkan produksi Nissan Livina sudah dipegang Mitsubishi lantaran berbasis Mitsubishi Xpander.

Meski demikian, penutupan pabrik ini tak menghalangi upaya Nissan untuk terus memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Selain itu, layanan purna jual dan ketersediaan suku cadang terus terjaga untuk mempermudah perawatan kendaraan konsumen.

BERI KOMENTAR