HOME » BERITA » NYALAKAN FOGLAMP DI WAKTU YANG TEPAT UNTUK FUNGSI OPTIMAL

Nyalakan Foglamp di Waktu yang Tepat untuk Fungsi Optimal

Kebanyakan pemiliki mobil saat ini belum mengetahui fungsi dari fog lamp. Bahkan pemilik kendaraan belum sepenuhnya paham kapan waktu yang tepat untuk menyalakan lampu tersebut. Padahal fog lamp atau lampu kabut sudah umum melengkapi sebuah mobil.

Jum'at, 21 Desember 2018 15:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ilustrasi lampu kabut di sebuah mobil (bestheadlightbulbs.com)

OTOSIA.COM - Kebanyakan pemiliki mobil saat ini belum mengetahui fungsi dari fog lamp. Bahkan pemilik kendaraan belum sepenuhnya paham kapan waktu yang tepat untuk menyalakan lampu tersebut. Padahal fog lamp atau lampu kabut sudah umum melengkapi sebuah mobil.

Seperti dilansir laman resmi Hyundai Indonesia, selalu ada pengendara mobil yang dengan bangganya menyalakan lampu kabut pada malam hari, padahal ini salah kaprah. Bahkan yang lebih lucu, malah lampu utama tidak dinyalakan saat malam hari, melainkan hanya mengandalkan lampu senja dan lampu kabut saja.

Sebenarnya, sesuai dengan namanya lampu kabut, waktu yang tepat untuk menyalakannya saat jalanan sedang berkabut, atau sedang hujan lebat terlebih di malam hari, atau siang hari. Hal ini karena sorotan fog lamp cenderung melebar daripada sorot cahaya lampu utama yang lebih jauh ke arah depan.

Fog lamp sendiri ada dua jenis, yaitu front fog lamp (lampu kabut depan) dan rear fog lamp (lampu kabut belakang). Front fog lamp dipasang di bumper depan bagian bawah sisi kanan dan kiri. Sementara rear fog lamp dipasang menyatu dengan lampu belakang mobil yang memancarkan warna merah terang.

Parahnya lagi adalah masih banyak ditemui di jalan ketika malam hari dengan kondisi tidak hujan dan tidak berkabut tapi lampu kabut belakang dinyalakan. Hal ini justru membahayakan pengemudi di belakang, karena silaunya lampu rear fog lamp itu akan mengganggu pandangan dari mobil di belakang Anda.

Sayangnya pemilik mobil yang masih awam biasanya hanya tahu bahwa lampu kabut adalah aksesoris tambahan untuk membedakan fitur dan tingkat kemewahan sebuah mobil dibandingkan tipe yang lain.

Padahal fitur ini adalah suatu fitur wajib terutama jika mobil ini digunakan di daerah yang sering hujan dan berkabut.

Bagi mobil yang belum memiliki lampu kabut ini, disarankan untuk memasang lampu kabut dari aksesoris resmi pabrikan mobil.

Untuk pemasangan lampu kabut, disarankan dilakukan oleh yang profesional. Tujuannya untuk menghindari pemasangan yang tidak presisi. Sehingga sorot fog lamp tidak menyilaukan pengendara lain dan berfungsi secara optimal.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/ahm)

BERI KOMENTAR