HOME » BERITA » NYARIS TANPA MOBIL BARU DI 2020, INI ALASAN HONDA INDONESIA

Nyaris Tanpa Mobil Baru di 2020, Ini Alasan Honda Indonesia

Kondisi pasar memaksa Honda Indonesia untuk lebih bijak sebelum melangkah.

Senin, 23 November 2020 17:15 Editor : Cornelius Candra
Nyaris Tanpa Mobil Baru di 2020, Ini Alasan Honda Indonesia
Honda Brio (Honda)

OTOSIA.COM - Tahun 2020 menjadi masa yang menantang bagi industri otomotif Indonesia. Meski perlahan membaik, pandemi COVID-19 menyebabkan penurunan penjualan yang signifikan, terlebih bagi para pabrikan kendaraan, tak terkecuali PT Honda Prospect Motor (HPM).

Bisa dibilang, agen pemegang merek (APM) mobil Honda di Indonesia itu nyaris tanpa mobil baru pada 2020. Satu-satunya produk yang mereka rilis tahun ini ialah Honda Civic Turbo Hatchback di Februari lalu. Setelahnya, tak ada produk anyar sama sekali, bahkan untuk penyegaran atau refreshment.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM, menyebut bahwa pandemi COVID-19 memberi dampak negatif yang signifikan bagi industri otomotif Indonesia. Kondisi pasar yang tidak stabil akhirnya memaksa pihaknya untuk tidak meluncurkan produk baru.

1 dari 1 Halaman

Honda Jazz

"Sebelum menghadirkan produk baru, kami selalu melihat kondisi pasar dan kebutuhan konsumen lebih dulu. Sedangkan, saat ini pasar otomotif Indonesia sedang tidak stabil, meski memang perlahan membaik. Jadi, kami rasa konsumen harus bersabar dulu," terang Yusak.

Karena itu, mereka tak muluk-muluk dalam merencanakan target di 2020. PT HPM saat ini mengaku tidak terlalu mengejar jumlah penjualan atau volume, tapilebih berfokus untuk memulihkan marketshare mereka di pasar otomotif Indonesia, menjadi 14,4%, sama seperti 2019 lalu.

Tapi, di sisi lain, PT HPM mencatatkan prestasi tersendiri sepanjang pandemi COVID-19. Meski tanpa mobil baru, penjualan Honda secara online menyumbangkan lebih dari 50% penjualan retail.

BERI KOMENTAR