HOME » BERITA » OICC 2011: WARISAN YANG MENGGODA DAN KHARISMATIK

OICC 2011: Warisan yang Menggoda dan Kharismatik

Sabtu, 17 Desember 2011 13:45

OICC 2011: Warisan yang Menggoda dan Kharismatik
Pameran mobil klasik OICC - Show 2011 (Foto: Nazar Ray)
Editor : Anton

Kapanlagi.com - Ketika mengunjungi pameran The 5th Otoblitz International Classic Car Show 2011 (OICC - Show 2011), pengunjung seolah menelusuri kekayaan warisan otomotif masa lalu yang mungkin tak pernah dibayangkan sebelumnya. Deretan mobil-mobil klasik dan eksotik, serta pernah berjaya di masanya terlihat mempesona dan tak terduga.

Berhadapan dengan Stars of The Show, adalah Hot Rod Alley. Inilah karya kreatif dari Hot Rod Builder 'Made in Indonesia' yang selalu ditunggu kehadirannya setiap tahun. Lihat saja penampilan HR Roadster, High Boy V8, HR Ford T, atau Chevy Coupe.

Di sayap kiri, hadir Alfa Romeo dengan armada Gullia 1300 GT Jr, Alfa Romeo 1750 GTV, juga Alfetta 2000. 'Beradu punggung' dengan mereka adalah Italian Classic Exotic Car, yang menyuguhkan pesona glamour berbagai jenis mobil sport asal negeri Spaghetti itu, seperti Lamborghini Countach, Ferrari 308 GTS, dan Maserati Merak.

Melangkah sedikit ke depan, pengunjung akan menemui Mercedes-Benz yang sedang merayakan 125 tahun kiprah mereka di dunia otomotif dunia. Menampilkan MB Three Wheeler (replika mobil Mercedes-Benz pertama yang dibuat pada tahun 1886), lalu MB 220B Convertible MB

170V, MB W115, hingga tipe terbaru MB 6.3 AMG Gullwing (2011), 'keperkasaan' Mercedes-Benz dalam OICC - Show kali ini sangat jelas terlihat.

General Motors, yang tahun ini memperingati 100th Years of Chevrolet, turun pula dengan kekuatan penuh. Kehadiran Chevy Bumble Bee, Corvette, Bel Air Cabrio, Impala, Capitol LM 1 Ton Truck, plus produk teranyar mereka, akan memandu Anda menyaksikan sejarah perkembangan Chevrolet dari waktu ke waktu.

Di bagian belakang terpajang European All Stars, yang menurunkan berbagai 'bintang' dari Jerman seperti BMW 2000 CS 1957, BMW 2002, VW Karmann Ghia, dan Opel, Perancis (Citroen 2 CV), Inggris (Jaguar XJS, MGB Roadster, MGA Roadster, Austin Healey, Triumph Spitfire MK 3), bahkan Swedia (Volvo P1800).

Yang juga tak kalah menarik adalah parade deretan Old Pickup Never Die. Mobil-mobil ini menyembulkan kharisma dari beragam tipe Chevrolet keluaran 1946 - 1956 dengan berbagai gaya custom.

ATPM

Sementara ATPM juga tak mau kalah memamerkan produk legendarisnya yang termashur. Diawali ATPM Peugeot, yang dengan bangga memamerkan 'ikon legendaris' mereka, yakni 504, hingga 508 terbaru. Lalu ada Mazda APM, yang menampilkan Mazda Bongo dan tipe terbaru dari Mazda 2. Dilanjutkan Chrysler dari Auto One Pondok Indah, yang mengedepankan Jeep CJ 7 dan Jeep Rubicon.

Yang tak kalah menakjubkan adalah penampilan mobil-mobil vintage sebelum Perang Dunia ke-2 di area Vintage Island. Mobil-mobil beroda jari-jari, seperti Dodge Brothers (yang hadir khusus dari Surabaya), Ford Model A, Fiat Balila Spider, Essex dan MG TA, masih tampak prima dan amat terawat.

Jika Anda penggemar eksotisme mobil-mobil jenis jeep, maka Amazing 4x4, yang menyuguhkan pesona puncak berbagai jeep dari berbagai negara, pasti memuaskan minat Anda. Lihat saja Toyota FJ 40, Willys Overland, Land Rover Serie III, Serie II 88SWB, Toyota BJ 44 LX, dan Toyota FJ lainnya hasil restorasi classic enthusiast asal Semarang.

Sementara itu, kehadiran mobil-mobil Young Timer Show – seperti Mercedes-Benz 190E - Cosworth, MB 280C/Tiger Coupe, Toyota Celica Supra GT, dan juga BMW E 21, akan membuat wisata mata Anda kian bergairah.

Tak ketinggalan pula Japanese Samurai, yang menampilkan Nissan Fairlady 240 Z Nostalgic Hero, Toyota Soarer, Toyota Corolla SR, hingga Honda Civic CVCC.

Kategori Modern Classic adalah kategori baru untuk tahun ini, yang akan segera menyadarkan Anda bahwa mobil klasik memang tak pernah lekang oleh waktu. Tak percaya? Cermati kehadiran BMW 320 Cabrio, MB SL Koenig, Mazda RX 7 FC, Jaguar Coupe, atau Porsche Slantnoose.

Anda keranjingan mobil berjenis wagon? Kalau begitu jangan lewatkan kategori Classic Wagon, yang menampilkan Bel Air, Buick Sport Wagon, Citroen DS Wagon, dan MB Ponton.

Bintang-bintang yang sempat memukau pengunjung di empat kali OICC-Show sebelumnya, juga dihadirkan kembali dalam Alumni OICC-Show 2007 - 2010. Mulai dari Ford Mustang Pony (1967), Datsun Fairlady 260 Z (1985), Ford Mustang Machi (1971), hingga Ford Pick-Up bergaya Hot Rod.

Di area Project O, Anda akan kembali melihat mobil-mobil klasik yang sangat bernilai namun nasibnya sudah 'mengenaskan'. Antara lain: Holden Monaro, Audi Quattro Coupe, Mercedes-Benz Pagoda, dan DKW Union.

Selesai? Tentu saja belum.

Masih ada Hauwke’s Auto Gallery, yang didesain dengan tema garasi dan SPBU ala Amerika, menghadirkan mobil-mobil klasik yang mempunyai nilai amat personal bagi pemiliknya, Hauwke Setjodiningrat beserta sang putra, Laurent. Sebut saja Bell Air Cabrio (1951), MG TC (1948), serta Thunderbird (1955). Nikmati juga eksistensi dari mobil-mobil asal Australia dengan tema An Aussie Pride, yang menurunkan berbagai tipe Holden Monaro GTS.

Beranjak dari situ, Anda akan langsung dihadapkan dengan American All Stars, yang mengusung Ford Mustang Pony, Chevrolet Deluxe, Dodge Dart, Checy Nova SS, dan Chevy Bel Air Cabrio. Mobil-mobil klasik orisinal 'unrestored' produksi Amerika (seperti Chevy Nova II Coupe, Ford Fairlane, hingga Ford Thunderbird), juga dipamerkan dalam American Unrestored Heritage.

Tapi, mungkin yang sudah sejak sangat lama 'diincar' banyak orang adalah Classic Porsche, yang tampil dengan 356 Cabrio, 911 Carrera, dan Porche 911. Atau, Anda pecandu Micro Car?

Di OICC-Show 2011, mobil imut-imut itu hadir mempesona melalui Fiat 500 hingga Relliant Regal MK 1 dalam Classic Art Area; berdampingan dengan karya fotografi otomotif dari Novyan Sanjaya dan Nico A Pranoto.

Kategori berikutnya yang tak pernah absen sejak OICC - Show digelar adalah Indonesian Presidential Limo. Tiga mobil jenis limusin yang tempo doeloe digunakan mantan Presiden RI Soekarno, tahun ini juga dipamerkan.

Amati juga kehadiran mobil-mobil Classic Retro Battler di lobby area, seperti Chevy Camaro Street Fighter ala Fast to Furious, Toyota Corolla Race, M-Benz W 123 AMG Style, atau Renault 5 Turbo bergaya Rally Monte Carlo, dan GAZ Rocket Launcher.  (kpl/nzr/bun)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER