HOME » BERITA » OKINAWA CRUISER, SKUTER LISTRIK KEMBARAN HONDA PCX GENERASI PERTAMA

Okinawa Cruiser, Skuter Listrik Kembaran Honda PCX Generasi Pertama

Honda PCX generasi pertama lagi-lagi dapat kembaran, yaitu skuter listrik Okinawa Cruiser.

Sabtu, 08 Februari 2020 12:15 Editor : Cornelius Candra
Okinawa Cruiser, Skuter Listrik Kembaran Honda PCX Generasi Pertama
Okinawa Cruiser, skuter listrik mirip Honda PCX generasi pertama (Drivespark.com)

OTOSIA.COM - Era elektrifikasi tak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga India. Perlahan, 1 per 1 pabrikan mulai merilis kendaraan listriknya, termasuk perusahaaan asal Jepang, Okinawa.

Mengutip dari News18.com, Okinawa akhirnya memperkenalkan skuter gambot listrik bernama Okinawa Cruiser. Menariknya, motor ini tampilannya tak jauh berbeda dari Honda PCX generasi pertama.

1 dari 4 Halaman

Honda PCX generasi pertama

Tengok saja bentuk lampu utamanya yang kembar identik dengan Honda PCX pertama. Bahkan, bagian tengah ke belakang pun sulit dibedakan, terlebih jika dilihat sekilas.

Namun, tetap ada beberapa perbedaan. Tak seperti Honda PCX generasi pertama, Okinawa Cruiser telah dibekali dengan LED headlight dan instrumen panel digital. Desain peleknya pun tampak lebih rumit.

2 dari 4 Halaman

Okinawa Cruiser

Perbedaan paling signifikan sebenarnya ada di dapur pacunya. Okinawa Cruiser dibekali motor listrik 4kWh dengan top speed 100 km/jam. Baterainya diklaim mampu menempuh jarak sejauh 120 km dan hanya membutuhkan waktu pengisian ulang selama 2-3 jam.

Untuk saat ini, Okinawa Cruiser masih dalam tahap pengembangan akhir. Diprediksi, motor listrik kembaran Honda PCX generasi pertama itu akan dirilis di India pada paruh kedua 2020.

3 dari 4 Halaman

Sebelumnya, sebuah pabrikan asal Bangladesh juga merilis motor dengan desain yang serupa dengan Honda PCX, yaitu Meiduo M6. Harganya pun cenderung tinggi, mulai BDT160.000 atau Rp25,8 jutaan (Kurs BDT1 = Rp161).

Namun, setelah diamati lampu-lampunya masih mengandalkan bohlam dan menggunakan rem tromol di belakang serta dimensinya lebih kecil dibanding Honda PCX.

4 dari 4 Halaman

Meiduo M6

Meski demikian, Meiduo M6 telah dibekali dengan instrumen panel kombinasi analog dan digital serta LED taillight. Selain itu, kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 7,5 liter.

Untuk urusan performa, kloningan Honda PCX ini mengandalkan mesin 1-silinder 150cc tanpa radiator alias berpendingin udara. Dapur pacu tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 12,5 hp dengan torsi maksimum 12,2 Nm.

BERI KOMENTAR