HOME » BERITA » OLI PALING TAHAN LAMA PUNYA KODE SEPERTI INI

Oli Paling Tahan Lama Punya Kode Seperti Ini

Jum'at, 15 April 2016 15:15 Editor : Albert
Foto : Nazar Ray

OTOSIA.COM - Oli tidak hanya cuma soal kental dan encer. Setelah menyesuaikan hal itu, atau yang disebut dengan vikositas, ada kode lain yang perlu juga diperhatikan, termasuk kode oli yang menunjukkan bahwa ia adalah oli yang paling tahan lama.

Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia, Shofwatuzzaki atau Zaki, memaparkan bahwa untuk kode API, kode SN tergolong sebagai oli paling tahan lama.

"API SN ini yang warna ungu, dia punya kelas paling tinggi, sedangkan yang paling rendah (di Shell) adalah API SG," ujarnya.

Ia berujar, ketika kita punya oli dengan kelas paling tinggi, maka yang diharapkan tentu adalah masa pakai yang lebih lama.

"Kenapa? Ini karena dia punya ketahanan terhadap oksidasi. Oksidasi ini kerusakan karena panas dan udara. Kemampuan tahan karatnya juga lebih tinggi," ujarnya.

API atau American Petroleum Institute sendiri dalam catatan terkini menetapkan secara berturut-turut standar kode dari yang terlama hingga terkini dan paling mumpuni, yakni SG, SH, SJ, SL, SM, dan SN.

Untuk mobil, semua jenis oli yang ditawarkan Shell berkode SN, baik itu yang sudah fully synthetic, yang semi-synthetic, bahkan untuk yang berbahan mineral. Sementara itu, untuk sepeda motor, sesuai kebutuhan di Indonesia, sudah berkode SM, antara lain Shell Advance Ultra.

"Mesin makin baru, biasanya minta yang paling tinggi," tambah Zaki.

(kpl/why/abe)

BERI KOMENTAR