HOME » BERITA » OLX AUTOS #JUJURLYAMAN: DOBEL UNTUNG JUAL MOBIL BEKAS, SEKALIAN BELI BARU DI GIIAS 2021

OLX Autos #JUJURLYAMAN: Dobel Untung Jual Mobil Bekas, Sekalian Beli Baru di GIIAS 2021

OLX Autos hadir untuk memberikan peace of mind kepada konsumen dalam proses menjual mobil.

Kamis, 18 November 2021 16:30 Editor : Nurrohman Sidiq
OLX Autos #JUJURLYAMAN: Dobel Untung Jual Mobil Bekas, Sekalian Beli Baru di GIIAS 2021
Proses inspeksi mobil di OLX Autos (Istimewa)

OTOSIA.COM - OLX Autos, platform omni channel (offline dan online) yang menawarkan inovasi layanan jual mobil bekas, kini hadir di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 sebagai Official Trade In Partner.

Johny Widodo, CEO OLX Group Indonesia memaparkan, partisipasi OLX Autos di GIIAS 2021 membawa campaign #JUJURLYAMAN yang menyempurnakan poin utama dalam layanan jual mobil mobil bekas, yakni cepat, mudah, dan nyaman.

"Ini hari bersejarah kita, di mana ini pertama kalinya OLX Autos menjadi Official Trade In Partner dari GIIAS 2021. Kalau pelanggan mau jual mobil itu bisa gampang, cepat, mudah, nyaman, terus harganya juga pantas, dan yang pasti yang paling penting itu #JUJURLYAMAN," ungkap Johny dalam konferensi pers virtual, Jumat (12/11/2021).

OLX Autos hadir untuk memberikan peace of mind kepada konsumen dalam proses menjual mobil. Proses transaksinya pun bisa dilakukan tanpa repot dan instan dengan 3C.

"Kita punya 3C, Cek harga, cek kondisi mobil, cek rekening. Satu jam, 60 menit aja (prosesnya). Jadi bisa aja mobilnya ditinggal, terus muter-muter dulu lihat mobil baru, mau beli apa. Balik lagi proses sudah selesai. (Cek rekening) duitnya sudah masuk. It's possible like that," ujar Johny.

Saat ini OLX Autos sudah ada di banyak kota besar Indonesia untuk terus menjangkau lebih banyak konsumen. Selain itu, networking platform ini juga sangat luas sehingga memudahkan proses jual beli mobil bekas.

"OLX Autos Indonesia sendiri sekarang sudah ada di 10 kota, punya lebih dari 100 lokasi inspeksi (kendaraan). Ada juga showroom untuk jual beli tukar tambah. Itu saat ini kita ada di 3 kota, ada 8 showroom. Terus kita juga ada partner (Authorized dealers), itu ada 54 lokasi. Dari tim kita sendiri kurang lebih ada 800 orang", imbuhnya.

1 dari 7 Halaman

Komitment OLX Autos

OLX Autos di GIIAS 2021 (Istimewa)

Komitmen OLX Autos lahir dari sentimen konsumen yang kebanyakan harus menjual mobil lamanya untuk melego mobil baru. Momen GIIAS 2021 merupakan waktu yang sangat tepat karena di sini banyak varian baru diluncurkan.

Untuk memperlancar transaksi, OLX Autos pun mengedepankan proses yang anti ribet dan memastikan bahwa konsumen mendapatkan pelayan terbaik seusai yang mereka butuhkan. Bahkan, konsumen bisa mulai melakukan transaksi meski surat-surat yang dibawa belum komplet.

"Asal ada mobilnya, surat-suratnya belum dibawa engak apa-apaa. Paling STNK doang ya, BPKB segala macem belum dibawa enggak apa-apa. Asal ada mobilnya aja, kita bisa bertransaksi. As simply as that. Jadi kita selalu membantu konsumen, agar konsumen bisa lebih gampang," terang Johny.

Selanjutnya, Johny berharap langkah OLX Autos di GIIAS ini bisa mendorong sektor ekonomi yang sempat lesu akibat pandemi Corona (COVID-19).

"Kita juga berkomitmen untuk membantu pemerintah, mendukung program pemerintah untuk memastikan ekonomi kita bisa kembali dari segi otomotif."

2 dari 7 Halaman

Pengalaman Jual Mobil di OLX Autos

CEO OLX Group, Johny Widodo dan Fitra Eri (Istimewa)

Fitra Eri, Influencer otomotif ini sempat membagikan pengalamannya ketika menjual mobil lewat OLX Autos.

"Saya sendiri pernah menjual mobil pribadi lewat OLX Autos. Benar-benar memang rasa aman itu yang saya rasakan," ujar Fitra.

Saat baru mengenal OLX Autos, Fitra mencoba untuk menjual Honda HR-V. Ia sempat menghitung betul berapa lama proses transaksi dari registrasi, pengisian data secara daring, inspeksi hingga uang masuk ke rekeningnya.

Menurutnya, jual mobil dengan platform ini sangat menguntungkan dan tidak membuang-buang waktunya. Apalagi, ia merupakan orang yang cukup sibuk untuk harus mengurusi keribetan dalam menjual sebuah mobil.

"Karena kalau kita menjual mobil, biasanya stepnya banyak. Harus mengiklankan mobil dulu, terus harus menunggu orang menghubungi kita, kita harus melayani. Berulang-ulang sepanjang hari. Lalu ke bank untuk pelunasan, lalu surat-surat dikasihkan. Begitu banyak keribetan, serta begitu banyak waktu dan energi yang terbuang hanya untuk menjual sebuah mobil," ceritanya.

Fitra memulai proses jual mobil bekas dengan membuka web OLX Autos terlebih dahulu. Ia kemudian memasukkan data-data yang diperlukan dan menunggu prediksi harga.

Ia pun menyetujui harga prediksi yang ditawarkan, lalu membuat jadwal pertemuan untuk proses inspeksi, disusul munculnya harga penawaran.

Setelah mobil selesai diinspeksi, Fitra justru terkejut. Harga yang ditawarkan ternyata terbilang lumayan, sesuai dengan ekspektasinya.

"Inspeksinya itu mungkin sekitar setengah jam, diperiksa semuanya. Habis itu akan keluar harga penawaran. Pas saya lihat harga penawarannya kok lumayan. Maksudnya sesuai dengan ekspektasi saya. Yaudah saya oke," ungkap Fitra.

Langkah selanjutnya tinggal menanti uang penjualan ditransfer ke rekeningnya. Pun penantian ini tidak berlangsung lama. Beberapa saat setelah harga penawaran disetujui, uang segera diterima konsumen.

"Ternyata saat itu juga uang ditransfer dan saat detik itu juga say goodbye ke mobil saya", tambahnya bercerita.

Menurutnya, sistem OLX Autos benar-benar menjawab kebutuhan yang ia cari selama ini.

"Makanya saya di situ bilang, wah ini benar-benar menghemat waktu saya, menghemat energi saya, dan benar-benar #JUJURLYAMAN. Karena saya enggak perlu curiga, siapa nih yang beli, ini nipu apa enggak nih. Nanti kalau test drive mobilnya dibawa kabur apa enggak nih," timpalnya lagi.

3 dari 7 Halaman

Penentuan Harga

Booth OLX Autos di GIIAS 2021 (Istimewa)

Sebagai platform online tentu banyak orang bertanya, bagaimana bisa OLX Autos terus membeli mobil dari konsumen. Bahkan tidak ada batas kuota berapa pun konsumen mau menjual kendaraannya.

"Oh enggak ada (kuotanya), kalau mau jual datang aja ke sini. Saya menganjurkan kalau ada temen mau jual mobil, dari pada jual di luar, mending jual di sini karena untungnya double," pungkas Johny.

Rasa penasaran itu kemudian digali oleh Fitra Eri. Rupanya, networking OLX Autos punya peran vital membentuk rantai transaksi yang kompleks dengan berbagai pihak.

Itu juga kemudian yang membentuk fairness harga penawaran untuk penjual mobil dan OLX Autos dengan prosesnya yang terbilang sangat cepat.

"Ternyata OLX Autos tidak sesederhana itu. Tidak sesederhana, mobil kondisinya kayak gini, gue beli segini kalau mau. Mereka ternyata punya aplikasi khusus internal mereka yang bisa mengecek 300 titik kondisi mobil. Setelah itu, mereka punya ratusan partner di luar. Yang ribuan partner itu akan diinformasikan mengenai kondisi mobil real time. Setelah mendapatkan kondisi mobil kita mereka akan melakukan bidding. Dan yang terbaik itu yang dikasihkan ke kita," terangnya.

Johny lantas menjawab paparan Fitra tersebut. Menurutnya OLX Autos memang dibentuk dengan sistem yang menjunjung tinggi fairness dan terbuka. Seperti apa pun kondisi mobil akan dijabarkan sedemikian rupa tanpa ditutup-tutupi sama sekali.

"Kita melakukannya secara fair karena ada booth inspeksi di Hall 10, kita bener-bener fair. Kita coba melihat kondisi mobil itu dengan diperiksa di 300 titik. Kita kasih lihat, ya kondisi mobil anda seperti ini. Jadi kita enggak bilang, oh kita coba tutup, oh ya ini sebenarnya mobilnya bagus tapi kita bilang jelek. Kita coba sebisa mungkin terbuka dan fair," balas Johny.

 

4 dari 7 Halaman

Untungnya Trade In dengan OLX Autos di GIIAS 2021

Booth OLX Autos di GIIAS 2021 (Istimewa)

Pelanggan yang melakukan transaksi baik jual atau beli mobil di GIIAS punya kesempatan mendapatkan benefit berganda.

Pertama, mereka yang menjual mobil lamanya ke OLX Autos di GIIAS 2021 bisa mendapatkan banyak bonus.

"Ada golden ticket. Jadi golden ticket itu untuk orang-orang yang berhasil menjual mobil di sini. Hadiah utamanya diundi bisa dapet electric scootervoucher Grab, gift card dari Rp 1-5 juta dalam bentuk e-Money," terang Johny.

Kedua, ketika mobil mereka dibeli oleh OLX Autos, otomatis mereka sudah mengantongi uang hasil penjualan dan dapat menggunakannya untuk membeli mobil baru di area pameran.

Di sini konsumen tidak perlu repot ke luar area GIIAS dan bisa langsung membayar mobil baru impiannya. Lebih lagi, banyak diskon dan bonus selama acara berlangsung.

"Kita benar-benar melihat dari sisi konsumen untungnya dobel, jadi saat dia beli mobil baru udah dapat banyak bonus-bonusnya, jual mobil bekasnya juga udah nyaman, cepet, harganya fair, udah pulang tinggal naik kendaraan online, tahu besok mobil barunya dateng. Udah beres," tambah Johny.

Fitra pun punya pendapat yang tidak jauh beda. Baginya menjual dulu mobil lama dengan jalan konvensional lebih menyulitkan dan berpeluang malah kehilangan momen GIIAS.

"Jadi misalkan kita mau trade in, kalau mobilnya berbeda merek kadang-kadang mobilnya ditawar rendah. Atau kita mau jual di luar dulu, jadi ke luar dulu, melakukan proses jual beli mobil yang ribet, setelah ada uangnya baru beli lagi ke GIIAS, atau kalau enggak sempet kita malah kelewatan GIIAS-nya, malah kehilangan promonya," timpal Fitra.

5 dari 7 Halaman

Trade In Mobil BMW

Trade in BMW di GIIAS 2021 (OLX Autos)

Sebelum membeli mobil BMW baru, konsumen bisa terlebih dahulu menjual mobil lawasnya di OLX Autos selama GIIAS berlangsung. Tawaran benefit-nya banyak!

Keuntungan pertama, konsumen akan memperoleh cashback sebesar 2% dari angka valuasi mobil setelah diinspeksi dan deal dengan harga yang ditawarkan.

Kedua, konsumen bisa mendapatkan gift card sampai Rp 5 juta dari OLX Autos.

Lalu, uang yang didapatkan dari penjualan tersebut bisa dipakai untuk melakukan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) yang pastinya sudah ada bonus-bonus lainnya yang sudah disiapkan BMW Group Indonesia.

Berikut ragam promo menarik trade in mobil BMW di GIIAS 2021 yang bekerjasama dengan OLX Autos:


BMW 320i Dynamic

  • Gratis BMW Extended Warranty 1 Tahun atau Apple Watch*
  • Gratis voucher bahan bakar hingga Rp. 5.000.000,-
  • Program pembiayaan dengan cicilan rendah mulai dari Rp. 10.000.000,-
  • Program trade-in dengan support hingga Rp. 5.000.000,-
  • Khusus melalui OLX Autos mendapatkan tambahan cashback sebesar 2% dan giftcard hingga Rp 5.000.000,-.

 

BMW X1 sDrive18i xLine

  • Gratis voucher bahan bakar hingga Rp. 5.000.000,-
  • Gratis BMW Extended Warranty 1 Tahun atau Apple Watch*
  • Program pembiayaan dengan cicilan rendah mulai dari Rp. 10.000.000,-
  • Program trade-in khusus melalui OLX Autos mendapatkan tambahan cashback sebesar 2% dan giftcard hingga Rp 5 juta.

 

BMW 730Li M Sport

  • Gratis voucher bahan bakar hingga Rp. 10.000.000,-
  • Gratis BMW Extended Warranty 1 Tahun.
  • Program pembiayaan dengan bunga 0%
  • Program trade-in dengan support hingga Rp. 75.000.000,-
  • Khusus melalui OLX Autos mendapatkan tambahan cashback sebesar 2% dan giftcard hingga Rp. 5.000.000,-.

 

BMW X7 xDrive40i Opulence

  • Gratis voucher bahan bakar hingga Rp. 10.000.000,-
  • Direct gift Samsung Galaxy Z Fold.
  • Program pembiayaan dengan bunga 0%.
  • Program trade-in khusus melalui OLX Autos mendapatkan tambahan cashback sebesar 2% dan giftcard hingga Rp. 5.000.000,-.

6 dari 7 Halaman

Aktivitas di GIIAS

Booth OLX Autos di GIIAS 2021 (Istimewa)

Konsumen yang berminat melakukan transaksi dengan OLX Autos, bisa menemukan booth mereka dengan sangat mudah di area GIIAS 2021.

Booth OLX Autos terdapat di beberapa titik, yakni Booth Utama di Hall 8, Additional Booth di selasar Hall 1 dan Test Drive Area, serta Inspection Center di Area Parkir Hall 10.

"Ada main booth di Hall 8. Di sana banyak aktivitasnya, kalau mau cari informasi, mau ngobrol-ngobrol, mau main-main bisa di situ ya. Kita juga punya inspection center di parkiran Hall 10, deket test drive. Sama ada yang di depan dekat Hall 1. Di situ orang-orang yang mau jual mobil, langsung bisa ngobrol di sana, nanti diarahkan ke Hall 10," jelas Johny.

7 dari 7 Halaman

Animo Pengunjung GIIAS

Tren baru jual mobil ala OLX Autos di GIIAS 2021 rupanya mendapat sambutan positif. Hal itu dibuktikan dengan besarnya antusiasme pengunjung yang bukan hanya ingin membeli mobil baru, tapi juga menjual mobil sekennya.   

"Animo pengunjung yang tinggi terhadap layanan OLX Autos ini merupakan hal positif yang kami rasakan sebagai Official Trade In Partner GIIAS 2021. Kami berharap layanan kami dapat membantu pelanggan untuk menjual mobilnya dengan mudah dan tanpa perlu rasa khawatir," ujar Hendri Tadjuni, COO OLX Group Indonesia.

Berdasarkan data OLX Autos, slot pemesanan jadwal inspeksi 5 kendaraan per jam di Inspection Center selalu penuh setiap harinya, mulai pukul 11.00 sampai 20.00 WIB, baik konsumen yang booking via website atau walk-in.

"Proses inspeksi di OLX Autos dilakukan oleh tenaga profesional berpengalaman yang ahli di bidangnya. Selain itu, setiap tenaga inspeksi juga telah mendapatkan pelatihan khusus dan bersertifikat oleh lembaga sertifikasi yang terdaftar di Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)," tambah Hendri.

 

 
BERI KOMENTAR