HOME » BERITA » OPERASI ZEBRA 2019 HARI KE-9, PELANGGARAN MASIH DIDOMINASI RODA 2

Operasi Zebra 2019 Hari ke-9, Pelanggaran Masih Didominasi Roda 2

Sembilan hari pelaksanaan Operasi Zebra 2019, pelanggaran didominasi oleh pengendara sepeda motor.

Kamis, 31 Oktober 2019 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Operasi Zebra 2019 Hari ke-9, Pelanggaran Masih Didominasi Roda 2
Operasi Zebra Jaya 2019 (liputan6.com)

OTOSIA.COM - Operasi Zebra 2019 sudah berjalan selama sembilan hari. Kakorlantas Polri, Irjen Pol Refdi Andri mengatakan bahwa sejauh ini Operasi Zebra 2019 berjalan sesuai prosedur, saat melakukan anlisa dan evaluasi (anev), Kamis (31/10/2019).

"Saya mengucapkan terima kasih kepada satuan kewilayahan karena sudah melakukan pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat sebelum Operasi Zebra berlangsung, dan melaksanakan sesuai dengan prosedur yang ditentukan hingga memasuki hari ke-9 ini," terang Refdi, dikutip dari laman NTMC Polri.

1 dari 3 Halaman

Melawan Arus

Operasi Zebra 2019 Hari ke-9, Pelanggaran Masih Didominasi Roda 2Melawan Arus

Sembilan hari berlangsung, menurutnya kendaraan roda dua masih menjadi pelanggar utama Operasi Zebra 2019. Pelanggaran signifikan yang dilakukan pengendara yakni melawan arus dan tidak melengkapi surat-surat berkendara.

Refdi mengimbau kepada seluruh jajaran kewilayahannya untuk terus berinovasi melakukan sosialisasi lanjutan Operasi Zebra 2019.

"Dalam melaksanakan Operasi Zebra, saya menyarankan untuk bekerja sama dengan aparat hukum lainnya, guna melakukan sidang di tempat jika dibutuhkan," lanjut Refdi

2 dari 3 Halaman

Pemotor Kompak Hindari Razia

Operasi Zebra 2019 Hari ke-9, Pelanggaran Masih Didominasi Roda 2Pemotor Kompak Hindari Razia

Mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya harus mengikuti aturan yang berlaku. Seperti mengenakan helm untuk pengendara sepeda motor dan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Tapi sayangnya, para pengendara masih saja ada yang tak mau tertib berlalu lintas. Maka tak heran jika polisi tengah menggelar razia lalu lintas, seperti Operasi Zebra 2019 seperti saat ini, ada saja tingkah aneh para pemotor.

Mulai dari yang nekat mendadak putar arah, hingga ada yang rela menggotong motornya agar bisa menyeberangi sparator jalan seperti yang terjadi di Depok beberapa waktu lalu.

Kini, aksi kompak para pengguna jalan tengah ramai diperbincangkan. Para pemotor kompak beramai-ramai melaju bersama untuk menghindari Operasi Zebra 2019.

Dengan begitu, kemungkinan untuk diberhentikan petugas mungkin kecil. Sebab, polisi bisa kewalahan jika mereka melaju bersama-sama. Seperti video yang diunggah oleh akun Instagram @agoez_bandz4.

"Saat Petugas menggelar operasi zebra, para pengendara motor ini berhenti total, lalu secara bersamaan melewati petugas hingga membuat mereka kewalahan," tulis akun tersebut.

 

3 dari 3 Halaman

Baca Sumpah Pemuda

Operasi Zebra 2019 Hari ke-9, Pelanggaran Masih Didominasi Roda 2Baca Sumpah Pemuda

Bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, para pelanggar lalu lintas yang terjaring Operasi Zebra Kapuas 2019, dihukum membaca isi Sumpah Pemuda. Kasatlantas Polresta Pontianak, Kompol Syarifah Salbiah mengatakan hal itu untuk mengingatkan para pemuda tentang Sumpah Pemuda.

Salbiah juga mengatakan bahwa momentum ini dimanfaatkan untuk mengenang jasa para pejuang pemuda di masa lalu. Semua pelanggar, baik itu pemuda atau siapa pun yang melanggar aturan lalu lintas di Kota Pontianak dikenai sanksi baca Sumpah Pemuda.

"Sanksi diberikan kepada siapapun yang melanggar aturan lalu lintas di wilayah Kota Pontianak. Apalagi ini bertepatan dengan momentum peringatan ke-91 Sumpah Pemuda," teran Salbiah, Senin (28/10/2019) dikutip dari laman NTMC Polri.

Sejak digelar pada 23 Oktober 2019, ada 700 pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polresta Pontianak. Pelanggaran didominasi oleh pengendara roda 2.

"Pengendara roda dua menjadi pelanggar lalu lintas tertinggi dengan pemberian sanksi tilang karena tidak melengkapi surat-menyurat kendaraannya, seperti STNK, SIM, dan lainnya," tandas Salbiah.

 

BERI KOMENTAR