HOME » BERITA » OPS KESELAMATAN 2020 CEGAH CORONA, POLISI PAKAI DRONE DENGAN FITUR DETEKSI SUHU TUBUH

Ops Keselamatan 2020 Cegah Corona, Polisi Pakai Drone dengan Fitur Deteksi Suhu Tubuh

Drone milik polisi tak hanya akan memantau lalu lintas, tapi juga bisa mendeteksi suhu tubuh warga dan dibekali speaker selama Operasi Keselamatan 2020 berlangsung untuk menekan penulara virus Corona COVID-19.

Selasa, 07 April 2020 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ops Keselamatan 2020 Cegah Corona, Polisi Pakai Drone dengan Fitur Deteksi Suhu Tubuh
Uji coba drone untuk Operasi Keselamatan 2020 (Kakorlantas Polri)

OTOSIA.COM - Polri menggelar Operasi Keselamatan 2020 selama 2 pekan, sejak 6 April 2020 hingga 19 April 2020. Operasi Keselamatan 2020 yang menggantikan Operasi Simpatik itu berfokus untuk menangani pandemi virus Corona COVID-19.

Saat Operasi Keselamatan 2020, Kakorlantas Polri akan menggunakan drone dengan fitur thermal pendekteksi suhu tubuh dan enterprise dengan speaker. Melansir laman Korlantas Polri, uji coba penggunaan drone tersebut sudah dilakukan Senin (6/4/2020).

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Istiono menjelaskan, fitur thermal itu akan bisa mendeteksi suhu tubuh masyarakat. Sedangkan fitur speaker itu akan dipakai untuk menyampaikan imbauan kepada warga pentingnya social distancing da physical distancing saat ini.

1 dari 2 Halaman

"Alat ini sangat membantu kita, ini akan terus kita gunakan selama musim KLB COVID-19 sebagai bagian dari Operasi Keselamatan 220," jelasnya.

Drone tersebut sudah dipastikan tak hanya untuk memantau kondisi lalu lintas. Suhu tubuh baik pengendara di jalan raya maupun pejalan kaki bisa terdeteksi.

 

2 dari 2 Halaman

Dia juga mengimbau pengguna jalan, terutama pengemudi ojek online untuk membekali diri dengan perlengkapan berkendara agar tak tertular COVID-19. Seperti memakai masker dan sedia hand sanitizer.

"Selain itu juga jalan lupa menggunakan helm SNI yang menutup wajah dan utamakan keselamatan di jalan," tandasnya.

BERI KOMENTAR