HOME » BERITA » PABRIK NISSAN DI INDONESIA TUTUP, HARGA AKAN NAIK?

Pabrik Nissan di Indonesia Tutup, Harga Akan Naik?

Rencana ditutupnya pabrik Nissan di Indonesia memunculkan rumor bahwa harga mobil Nissan akan naik.

Sabtu, 30 Mei 2020 08:45 Editor : Cornelius Candra
Pabrik Nissan di Indonesia Tutup, Harga Akan Naik?
Nissan X-Trail (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Nissan Motor Company tengah dilanda krisis yang cukup parah. Sejak 2019 lalu, mereka telah memangkas lebih dari 10.000 karyawan di berbagai lini produksinya.

Bahkan, Makoto Uchida, CEO Nissan Motor Company, telah mengonfirmasi bahwa pihaknya akan menutup pabrik di Indonesia. Keputusan ini harus diambil untuk mendorong utilisasi lini produknya dan membuat perusahaannya mendapat profit yang lebih banyak.

Sebenarnya, pada semester pertama 2019 lalu, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) juga telah menutup pabriknya di Karawang. Fasilitas ini menjadi basis produksi Nissan Livina sebelum diambil alih oleh Mitsubishi Indonesia.

1 dari 1 Halaman

Bisa jadi, pabrik Nissan yang akan ditutup ini merupakan fasilitas mereka di Kota Bukit Indah, Jawa Barat, 65 km di timur Jakarta. Prediksi itu tak terlepas dari dihentikannya penjualan Datsun GO dan Datsun GO+ yang terlahir dari lokasi tersebut.

Artinya, semua produk Nissan kini akan berstatus CBU (completely built-up). Nissan X-Trail yang semula dirakit di Indonesia pun akan diimpor secara utuh. Nissan Serena, Nissan Elgrand, Nissan Navara, dan Nissan Terra pun didatangkan langsung dari Jepang dan Thailand.

Status CBU dan penutupan pabrik ini memunculkan rumor bahwa harga produk-produk Nissan akan meningkat secara perlahan. Sampai berita ini diturunkan, redaksi Otosia masih menunggu informasi resmi dari NMI terkait rumor tersebut.

BERI KOMENTAR