HOME » BERITA » PABRIK NISSAN INDONESIA DITUTUP, HANYA PRODUKSI DATSUN

Pabrik Nissan Indonesia Ditutup, Hanya Produksi Datsun

Ternyata Nissan Indonesia menutup salah satu pabriknya di Karawang.

Rabu, 25 September 2019 11:15 Editor : Cornelius Candra
Pabrik Nissan Indonesia Ditutup, Hanya Produksi Datsun
Nissan Livina (Nissan)

OTOSIA.COM - Diam-diam PT Nissan Motor Indonesia (NMI) telah menutup salah satu fasilitas produksnya di Karawang, Jawa Barat. Ternyata, penutupan ini telah berlangsung sejak 6 bulan lalu.

Mengutip dari Kyodo News, salah satu penyebabnya adalah Nissan Livina yang kini telah diproduksi oleh Mitsubishi Indonesia. Ya, mobil LMPV itu merupakan produk rebadge Mitsubishi Xpander.

Kini, pabrik Nissan yang tersisa di Indonesia hanya memproduksi Datsun. Lokasinya berada di Kota Bukit Indah, Jawa Barat, 65 km di timur Jakarta.

1 dari 1 Halaman

Berstatus CBU

Pabrik Nissan Indonesia Ditutup, Hanya Produksi DatsunBerstatus CBU

Isao Sekiguchi, Presiden Direktur Nissan Indonesia, menyatakan bahwa penutupan pabrik ini merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan produksi dan menata ulang strukturnya.

Artinya, semua produk Nissan kini akan berstatus CBU (completely built-up). Nissan X-Trail yang semula dirakit di Indonesia pun akan diimpor secara utuh.

Sedangkan Nissan Serena, Nissan Elgrand, Nissan Navara, dan Nissan Terra sejak semula memang didatangkan secara utuh, baik dari Jepang maupun Thailand. Kemungkinan Nissan Juke terbaru juga akan berstatus CBU, seandainya dijual di Indonesia.

BERI KOMENTAR