HOME » BERITA » PABRIKAN CHINA BIKIN KEMBARAN HONDA X-ADV, HARGA LEBIH TERJANGKAU

Pabrikan China Bikin Kembaran Honda X-ADV, Harga Lebih Terjangkau

Honda X-ADV kini punya versi mini dari China dengan harga yang jauh lebih murah.

Rabu, 16 Januari 2019 11:15 Editor : Cornelius Candra
Lifan LF150-T (Newmotor.com.cn)

OTOSIA.COM - Sejak dirilis pada tahun 2016 lalu, Honda X-ADV masih bisa dibilang mampu mencuri perhatian para penggemar roda dua sampai saat ini. Wajar saja, produk pabrikan berlogo sayap itu memiliki tampilan dan performa gahar khas motor adventure, namun juga menawarkan kemudahan dari skuter matik.

Sayangnya, sampai saat ini, PT Astra Honda Motor masih belum menunjukkan gerak-gerik akan meluncurkan Honda X-ADV untuk pasar Indonesia. Padahal, mereka telah memasarkan berbagai moge Honda lainnya di tanah air.

Seandainya masuk ke Indonesia, harga Honda X-ADV tentunya tidak akan murah. Dengan kapasitas mesin 745cc, moge ini kemungkinan dibanderol di atas Rp250 juta. Sebagai gambaran, Honda CB650F, berkubikasi 650cc, dijual dengan harga Rp237 jutaan.

Ternyata, pabrikan asal China, Lifan mampu memberi solusi terkait tingginya harga Honda X-ADV. Ya, mereka merilis produk serupa, hanya saja mesinnya lebih kecil dan tentunya dengan harga terjangkau.

Mengutip dari Newmotor.com.cn, motor bernama Lifan LF150-T itu akan mengusung konsep yang sama dengan Honda X-ADV, skutik adventure. Tengok saja bentuknya yang gahar khas motor petualang.

Lifan LF150T dibekali windshield tinggi dan setang naked layaknya moto-adventure. Kesan petualang diperkuat oleh kaki-kakinya yang menggunakan suspensi depan upside-down dan ban dual-purpose.

Suspensi belakangnya pun tak kalah menarik. Peredam kejut tersebut memiliki konfigurasi semi-horizontal yang dipadu swing-arm layaknya beberapa moge Kawasaki, seperti Kawasaki Versys dan Kawasaki ER6-N.

Versi mini Honda X-ADV ini juga memiliki berbagai fitur, sebut saja instrumen panel digital, sistem pengereman ABS, pengisian bahan bakar di dek tengah, dan mounting side-box built-in di bodi samping.

Seperti namanya, Lifan LF150-T mengandalkan mesin 1-silinder berkubikasi 150cc. Kemungkinan besar dapur pacu ini benar-benar baru dan tidak diadopsi dari produk Lifan lainnya.

Sayangnya, tak ada informasi lebih detail terkait harga Lifan LF150-T ini. Yang jelas, banderolnya akan jauh lebih terjangkau dibanding Honda X-ADV. Sebagai gambaran, motor 150cc di China harganya sekitar CNY13-17 ribu, setara Rp27-35 jutaan (Kurs CNY1 = Rp2.000).

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR