HOME » BERITA » PABRIKAN CHINA UNGKAP MOBIL LISTRIK TERCERDAS DI DUNIA

Pabrikan China Ungkap Mobil Listrik Tercerdas di Dunia

XPeng P5 diklaim sebagai mobil listrik paling cerdas di dunia gara-gara teknologi ini

Sabtu, 17 April 2021 20:15 Editor : Ahmad Muzaki
Pabrikan China Ungkap Mobil Listrik Tercerdas di Dunia
Mobil listrik XPeng P5 (Carscoops)

OTOSIA.COM - Pabrikan mobil asal China, Xpeng baru saja mengungkap sedan listrik yang begitu menawan. Pasalnya kendaraan yang disebut P5 ini diklaim sebagai mobil listrik produksi pertama di dunia yang menggunakan teknologi LiDAR.

Tidak hanya itu saja, menurut Carbuzz, XPeng P5 juga didukung teknologi bantuan pengemudi pintar XPILOT 3.5. Kurang lebih teknologi ini menggunakan 32 sensor, mencakup dua unit LiDAR dan 13 kamera beresolusi tinggi.

1 dari 3 Halaman

Teknologi LiDAR berfungsi untuk mengidentifikasi pesepeda, pekerja perbaikan jalan, pejalan kaki, dan masih banyak lagi. Menariknya, LiDAR masih bisa berfungsi di jalanan dengan kondisi cahaya redup.

Tak hanya itu saja, pengguna juga akan dimanjakan dengan layar sentuh 15,6 inci yang terhubung ke sistem operasi mobil XPeng yang dikenal sebagai Xmart OS 3.0.

XPeng P5 juga dilengkapi dengan navigasi berpemandu yang memungkinkan untuk mengidentifikasi lampu lalu lintas, secara otomatis mengikuti mobil lain, dan transisi mulus saat di jalan raya.

2 dari 3 Halaman

Untuk dimensinya, melansir Carscoops, XPeng P5 memiliki panjang 4.808 mm dan jarak sumbu roda 2.768 mm. Artinya mobil ini lebih panjang dari Tesla Model 3, namun memiliki jarak sumbu roda yang lebih pendek.

Secara desain, di bagian fascia lampu depan berbentuk X dan atapnya memakai panoramic roof. Anehnya untuk sebuah sedan, jok bisa diatur hingga menjadi ruang tidur, dan penumpang bisa melihat bintang-bintang dari panoramic roof.

Sayangnya XPeng belum mengungkap secara rinci spesifikasi dari mobil listriknya ini. Rincian lebih lengkapnya akan diumumkan pada ajang Auto Shanghai 2021 pada 19 April.

3 dari 3 Halaman

 

 

BERI KOMENTAR