HOME » BERITA » PAHAMI CARA, BIAYA DAN SYARAT URUS STNK HILANG

Pahami Cara, Biaya dan Syarat Urus STNK Hilang

Mengurus STNK yang hilang bisa dilakukan tanpa bantuan calo. Otolovers hanya perlu mengetahui cara, biaya dan syarat mengurus STNK yang hilang.

Rabu, 10 Juni 2020 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Pahami Cara, Biaya dan Syarat Urus STNK Hilang
e-STNK (Ist)

OTOSIA.COM - Pengendara kendaraan bermotor wajib membawa surat kelengkapan berkendara. Antara lain, Surat Izin Mengmudi (SIM) dan Surat TOtolovers Nomor Kendaraan (STNK).

STNK sendiri menajadi salah satu dokumen bukti legalitas kendaraan bermotor. Dalam STNK tertera tetnang pendaftaran dan pengesahan kendaraan berdasarkan identitas kepemilikannya.

Maka itu, jika STNK sampai hilang maka harus mengurusnya kembali. Jika tidak, berkendara pun terasa tak aman dan nyaman. Pasalnya, bisa saja terkena razia dan dikenai tilang karena tak berkendara sesuai aturan.

Dilansir dari Merdeka.com, cara mengurus STNK yang hilang bisa dilakukan dengan cara mendatangi kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau Samsat. Nah, untuk mengurusnya, Otolovers tak perlu menggunakan jasa calo.

Sebab, mengurus STNK yang hilang pun tak sulit dan cepat. Berikut persyaratan dan biayanya:

1 dari 5 Halaman

Persyaratan Mengurus STNK Hilang

Berikut cara mengurus STNK hilang yang dilansir dari laman Liputan6.com. Persyaratan ini juga berlaku untuk motor kredit:

1. Formulir permohonan

2. Laporan Polisi kehilangan STNK

3. Cek fisik kendaraan yang sudah dilegalisir

4. Foto copy BPKB dan legalisir dari Leasing

5. Surat keterangan leasing

6. Identitas pemilik

2 dari 5 Halaman

Biaya Mengurus STNK Hilang

Perlu dicatat, untuk mengurus STNK hilang, maka sejumlah berkas harus diurus di Samsat masing-masing wilayah.

Namun, sebelumnya Otolovers wajib melaporkan ke kantor polisi terdekat untuk membuat surat keterangan kehilangan yang akan dibawa ke Samsat.

Beberapa berkas sebagai kelengkapannya juga harus dibawa mulai KTP asli serta fotokopi, dan lainnya.

Tentu saja untuk proses pembuatan STNK yang hilang Otolovers akan dikenakan tarif, karena masuk dalam aturan PP Nomor 55 tahun 2010, sebagai berikut:

- Kendaraan bermotor roda 2, roda 3, atau angkutan umum Rp 50 ribu

- Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih Rp 75 ribu

- Pengesahan STNK Rp 0

3 dari 5 Halaman

Cara Mengurus STNK Hilang

1. Pergi ke kantor Samsat

Setelah menyiapkan surat-surat yang diperlukan, segeralah pergi ke Kantor Samsat terdekat untuk melengkapi surat-surat kehilangan STNK. Samsat juga merupakan tempat penerbitan atau pengesahan STNK oleh tiga instansi yaitu Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja. Di Kantor Samsat Otolovers akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran.

2. Cek fisik kendaraan

Cara mengurus STNK hilang selanjutnya adalah mengecek kondisi fisik kendaraan dari STNK tersebut. Biasanya petugas Samsat akan mengecek fisik kendaraan seperti warna kendaraan, jenis, model, tipe, dan nomor kendaraan, nomor mesin, dan lain sebagainya.

3. Pastikan kendaraan tidak diblokir

Setelah Otolovers mengecek fisik kendaraan, pastikan kendaraan yang Otolovers punya tidak sedang diblokir atau telat pembayaran pajaknya. Jika telat pembayaran pajak atau diblokir, Otolovers harus menyelesaikan masalah ini untuk proses lebih lanjut.

 

4 dari 5 Halaman

4. Pembuatan STNK baru

Setelah Otolovers mengurus cek fisik, cek blokir, dan mengisi beberapa formulir yang ditentukan, Otolovers bisa mengurus pembuatan STNK baru di loket Bea Balik Nama II. Di sini Otolovers harus memberikan semua surat-surat yang tadi sudah dibuat.

5. Membayar biaya pembuatan STNK baru

Jika sudah, Otolovers bisa membayar pembuatan STNK baru di kasir yang sudah ditentukan dengan harga yang sudah ditentukan juga. Menurut peraturan yang tertera pada Penerimaan Negara Bukan Pajak Polri berdasarkan PP No.5 Tahun 2010 untuk kendaraan bermotor roda dua atau angkutan umum akan dikenakan biaya Rp 50.000,00. Sedangkan untuk biaya pembuatan STNK bermotor roda empat atau lebih akan dikenakan biaya Rp 75.000,00.

6. Mengambil STNK baru

Jika sudah membayar semua administrasi di kasir, Otolovers hanya perlu menyerahkan bukti pembayaran di loket pengambilan STNK baru. Otolovers akan dipangggil untuk mendapatkan STNK baru tersebut, dan proses selesai.

 

5 dari 5 Halaman

Cara Tambahan Mengurus STNK Hilang

Beberapa hal tambahan yang perlu Otolovers perhatikan dari cara mengurus STNK hilang di atas yaitu:

1. Tidak ada fotokopi STNK

Jika Otolovers tidak mempunyai fotokopi STNK yang hilang, Otolovers harus datang ke dealer di mana Otolovers membeli kendaraan tersebut. Di dealer biasanya Otolovers akan mendapat fotokopi BPKB apabila BPKB masih dalam masa tahan karena kredit, atau mendapatkan surat pengantar kehilangan STNK dari dealer.

2. Bayar pajak

Jika Otolovers belum membayar pajak kendaraan, maka Otolovers harus membayar lunas saat pembuatan STNK baru tersebut. Maka dari itu, bayarlah pajak kendaraan Otolovers secara tepat dan teratur.

Demikianlah cara mengurus STNK hilang yang perlu Otolovers ketahui. Kelengkapan berkas adalah hal yang penting supaya proses menjadi efisien.

BERI KOMENTAR