HOME » BERITA » PAKAI ANTI-SLIP REGULATION, SKUTER MATIK JADI LEBIH AMAN?

Pakai Anti-Slip Regulation, Skuter Matik Jadi Lebih Aman?

Pengembangan soal teknologi keselamatan di bidang otomotif terus dilakukan. Baik mobil dan motor, ABS atau Anti-Lock Braking System kini tengah populer.

Senin, 03 Juni 2019 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Pakai Anti-Slip Regulation, Skuter Matik Jadi Lebih Aman?
ASR lebih sering dipakai untuk mobil dan motor kelas atas (Zing)

OTOSIA.COM - Pengembangan soal teknologi keselamatan di bidang otomotif terus dilakukan. Baik mobil dan motor, ABS atau Anti-Lock Braking System kini tengah populer.

Tapi taukah kamu bahwa ada yang namaya ASR alias Anti Slip Regulation? Teknologi ASR bekerja sama dengan ABS. Menurut Zing, biasanya ASR dimiliki oleh mobil dan motor kelas atas.

Tak heran jika fitur tersebut punya bandrol yang sangat mahal. Nah, ASR pun tak begitu saja ada disematkan untuk kendaraan kelas menengah.

ASR untuk skuter matik punya cara kerja mirip dengan Traction Control System pada mobil modern. Jika ABS akan aktif saat mobil melambat, ASR akan bekerja lagi ketika kendaraan kembali berakselerasi. Dalam proses akselerasi, kendaraan juga memiliki kemampuan kehilangan traksi pada roda tertentu, yang menyebabkan hilangnya kendali kemudi. Itu sebabnya ada ASR.

1 dari 1 Halaman

Selalu Dilengkapi ABS

Pakai Anti-Slip Regulation, Skuter Matik Jadi Lebih Aman?Selalu Dilengkapi ABS

Tapi ABS adalah komponen dasar untuk membuat sistem kontrol traksi. Karena itu,kendaraan dengan ASR selalu dilengkapi dengan ABS. ASR bekerja berdasarkan sensor ABS yang dipasang di bawah roda depan dan belakang, yang memiliki sistem untuk mengukur kecepatan rotasi roda depan dan belakang.

Ketika perbedaan kecepatan terdeteksi antara dua roda, ECU secara otomatis akan memerintah mesin untuk mengurangi kapasitas pembakaran dengan memutuskan nozzle bahan bakar. Dengan demikian, membantu roda untuk mendapatkan kembali traksi dan meminimalkan kemungkinan kecelakaan karena kehilangan kendali.

ASR disebut sangat efektif untuk orang-orang yang sering mengemudikan kendaraannya dengan kecepatan tinggi, jarak jauh, jalan pegunungan, atau dalam kondisi hujan dan berangin, serta jalan licin. Motor akan jauh lebih aman dengan adanya ASR, bahkan untuk skuter matik 125cc atau 300cc. SEperti Honda SH 300i atau Vespa GTS.

 

BERI KOMENTAR