HOME » BERITA » PAKAI BAHAN BAKAR TAK SESUAI BIKIN PENDEK UMUR SEPEDA MOTOR

Pakai Bahan Bakar Tak Sesuai Bikin Pendek Umur Sepeda Motor

Cara memilih bahan bakar sepeda motor bisa disesuaikan dengan rasio kompresi mesin. Jika tak begitu, bisa mempengaruhi performa kendaraan.

Rabu, 27 Maret 2019 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Snopes)

OTOSIA.COM - Bahan bakar sepeda motor memang dianjurkan harus sesuai dengan rasio kompresi mesin. Jika pemilik tak paham berapa rasio kompresi mesinnya, biasanya di awal pembelian pihak dealer sudah menyarankan bahan bakar apa yang harus dipakai.

Sebab, masing-masing bahan bakar memiliki nilai oktan yang berbeda. Sementara setiap kendaraan juga memiliki rasio kompresi mesin yang berbeda.

Ambil contoh, Honda Scoopy FI eSP memiliki rasio kompresi mesin 9,5:1. Bahan bakar yang sesuai dengan rasio kompresi itu adalah yang memiliki nilai oktan minimal 90 (Pertalite).

Lalu, apa yang terjadi jika bahan bakar yang dipakai tak sesuai?

Menurut laman Honda Cengkareng, ruang pembakaran sepeda motor akan lebih cepat kotor. Hal itu akan mengganggu performa motor yang juga berakibat pada panjang-pendeknya umur sepeda motor.

Ada baiknya justru menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi ketimbang yang disarankan. Jika Scoopi FI eSP disarankan menggunakan Pertalite, maka lebih baik menggunakan Pertamax atau bahan bakar merek lain dengan nilai oktan 92 ke atas.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR