HOME » BERITA » PAKAI BBM TAK SESUAI ANJURAN BISA BIKIN GARANSI MOBIL HANGUS

Pakai BBM Tak Sesuai Anjuran Bisa Bikin Garansi Mobil Hangus

Kamis, 29 November 2018 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi pengisian BBM di SPBU (Merdeka.com)

OTOSIA.COM - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dirasa kemahalan bagi beberapa orang, membuat mereka tak peduli dengan aturan penggunaan bahan bakar untuk mobilnya. Padahal pihak dealer biasanya sudah memberikan rekomendasi jenis bahan bakar apa yang harus dipakai.

Padahal penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai bisa memicu kerusakan untuk mobil. Maka itu Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) juga mengingatkan untuk mematuhi anjuran tersebut. Sebab, jika terjadi kerusakan akibat konsumsi BBM yang tidak sesuai anjuran, maka garansi tidak berlaku lagi.

"Setahu kami, aturannya memang demikian. Kalau ada kerusakan yang disebabkan penggunaan bahan bakar tidak sesuai standar, maka itu di luar garansi," ujar Yohannes, seperti dikutip dari laman gaikindo.or.id.

Menurutnya, mobil keluaran terbaru memang wajib menggunakan bahan bakar minimal RON 92. Kewajiban ini pun sudah tertera dalam buku manual mobil.

Penggunaan BBM tertentu itu lantaran mesin kendaraan yang diproduksi memang sudah didesain untuk BBM berstandar internasional, sehingga kendaraan tersebut wajib menggunakan bahan bakar yang telah ditentukan. Kemudian, desain mesin juga tidak lepas dari regulasi pemerintah, yaitu terkait standar emisi.

Contohnya, saat ini setiap kendaraan berbahan bensin harus sesuai dengan standar emisi Euro-4. Regulasi tersebut berlaku sejak Oktober 2018. Artinya, semua mobil yang terdaftar dalam Gaikindo sudah disesuaikan dengan regulasi tersebut.

"Sehingga apabila diisi dengan BBM sesuai standar Euro-4, maka emisi yang dibuang pun akan sesuai standar Euro-4," lanjutnya.

Selain itu, menggunakan BBM berkualitas juga bisa membuat performa kendaraan lebih baik. Keawetan mesin juga bergantung pada jenis bahan bakar apa yang dipakai.

Sumber: Merdeka.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR