HOME » BERITA » PAKAI CBS, SKUTER MATIK SUZUKI JADI SEDIKIT LEBIH MAHAL

Pakai CBS, Skuter Matik Suzuki Jadi Sedikit Lebih Mahal

Selasa, 05 Februari 2019 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Suzuki Access versi India (Cartoq)

OTOSIA.COM - Suzuki pernah memamerkan salah satu skuter matik dengan kubikasi mesin 125cc, pertengahan 2018 lalu saat gelaran Jakarta Fair. Kala itu, Suzuki hanya mengenalkan, bukan menjual skutiknya yang bernama Access.

Tapi skutik ini sudah lebih dulu dipasarkan di India. Di pasar India, Access menjadi salah satu skuter matik terpopuler. Menghuni pasar roda dua 125 cc, Access kini di India dilengkapi dengan fitur keselamatan baru.

Melansir Cartoq, Access kini memiliki sistem pengereman Combi-Brake System (CBS). Sistem ini disematkan untuk memenuhi standar keamanan India, yang berlaku mulai 1 April mendatang.

Sistem ini bekerja dengan menggunakan kedua rem, ketika tuas rem belakang ditarik. Sehingga pengereman lebih aman dan memungkinkan kendaraan berhenti pada jarak yang lebih jauh. Tapi sistem ini tak berfungsi jika tuas rem depan yang ditarik.

CBS menerapkan tekanan sekitar 60 persen pada rem depan, dan sisa gaya tariknya ada pada roda belakang. Sistem ini juga membantu pengendara baru untuk memahami cara menggunakan rem dengan benar pada kendaraan roda dua, dan membuat sepeda motornya berhenti lebih cepat.

Dengan begitu harga Suzuki Access CBS ini juga ikut naik. Access CBS dilego seharga INR 56.667 atau Rp 11 jutaan (Kurs INR 1 = Rp 194). Harga ini disebut lebih mahal sekitar INR 690 atau Rp 135 ribuan ketimbang versi non-CBS.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR