HOME » BERITA » PAKAI FITUR AUTOPILOT, PENGEMUDI TESLA MODEL Y TABRAK MOBIL PATROLI POLISI

Pakai Fitur Autopilot, Pengemudi Tesla Model Y Tabrak Mobil Patroli Polisi

Mobil polisi yang terparkir di salah satu jalur jalan ditabrak oleh pengemudi Tesla Model Y. Diketahui saat kecelakaan itu terjadi, fitur autopilot Tesla Model Y sedang aktif.

Sabtu, 20 Maret 2021 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Pakai Fitur Autopilot, Pengemudi Tesla Model Y Tabrak Mobil Patroli Polisi
Mobil polisi ditabrak (Twitter/Michigan State Police First District)

OTOSIA.COM - Kecelakaan melibatkan mobil polisi dan Tesla Model Y di Michigan, Amerika Serikat. Diketahui, pengemudi Tesla Model Y sedang mengaktifkan fitur autopilot saat menabrak.

Dilansir dari Carscoops, kecelakaan itu bermula saat polisi dari pos Lansing menanggapi adanya kecelakaan antara kendaraan dan rusa sekitar pukul 01.00 pagi waktu setempat. Saat mereka memeriksa kecelakaan tersebut, pengemudi Tesla Model Y menabrak Dodge Charger milik polisi.

Mobil patroli itu terparkir sebagian menutup jalur kanan dengan lampu darurat yang menyala. Alhasil dua kendaraan itu pun mengalami kerusakan parah.

1 dari 2 Halaman

Bumper belakang Charger, pintu samping belakang, dan saptbor belakang hancur. Sedangkan Model Y mengalami kerusakan di sisi penumpang mulai bumper hingga pilar A.

Kabar baiknya, polisi mengatakan tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut. Tetapi ternyata lisensi pengemudi Tesla yang berusia 22 tahun itu sudah ditangguhkan.

Hal itu bisa membuat pengemudi dikenai denda maksimum USD 500 atau Rp 7,2 jutaan dan dipenjara hingga 93 hari.

2 dari 2 Halaman

Belum diketahui mengapa kecelakaan itu bisa terjadi. Tetapi Letnan Brian Oleksyk mengatakan bahwa pengemudi mengaktifkan fitur Autopilot. Meski begitu, polisi tetap harus melakukan penyelidikan lebih menyeluruh.

"Jika Anda mengendarai mobil dengan sistem bantu pengemudi yang canggih, bukan berarti Anda memiliki mobil yang bisa melaju sendiri," katanya.

Seperti diketahui, fitur autopilot bukanlah sistem mengemudi yang sepenuhnya bisa bekerja sendiri. Tesla sendiri mengakui bahwa teknologi miliknya masih memerlukan pengawasan pengemudi.

BERI KOMENTAR