HOME » BERITA » PAKAI KNALPOT PALSU DI KONTES CUSTOM INI? JANGAN HARAP BISA MENANG

Pakai Knalpot Palsu di Kontes Custom Ini? Jangan Harap Bisa Menang

Knalpot palsu bukan Cuma banyak beredar di motor harian, namun kini sudah menjalar pada kontes modifikasi roda dua.

Sabtu, 06 Juli 2019 15:15 Editor : Ahmad Muzaki
Pakai Knalpot Palsu di Kontes Custom Ini? Jangan Harap Bisa Menang
Ilustrasi motor custom (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Sejalan dengan populasi sepeda motor yang terus membesar, Indonesia menjadi lahan subur bagi pemasaran produk-produk aftermarket, knalpot misalnya. Tidak cuma knalpot impor dari brand-brand ternama, sektor ini turut merangsang tumbuhnya industri aftermarket di Tanah Air.

Situasi ini turut pula dimanfaatkan oleh pembuat knalpot lokal yang nakal, dengan memalsukan merek-merek global. Knalpot palsu bukan Cuma banyak beredar di motor harian, namun kini sudah menjalar pada kontes modifikasi roda dua.

Hal ini pulalah yang turut menjadi konsern penyelenggaraan kontes motor custom Suryanation Motorland 2019. Kendati Suryanation Motorland memiliki pebedaan konsep yang jauh dari kontes-kontes modiikasi biasa, tetap saja isu modifikator pakai knalpot palsu menjadi bahan pertimbangan sendiri.

€œDengan pengalaman yang sudah dimiliki oleh setiap juri, mereka bisa mengenali apakah part yang dibuat merupakan produk handmade atau produk palsu, jika ada peserta yang menggunakan knalpot palsu dan menggunakan merk yang sudah terkenal pastinya akan mengurangi penilaian dari juri,€ kata Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committee

Menurut Rizki, setiap tahunnya standar penilaian untuk setiap karya selalu semakin tinggi walaupun susunan dewan juri berubah. Setiap juri memiliki penilaian yang berbeda-beda untuk setiap motor mulai dari segi konsep, pengerjaan, keoriginalitasan, detailing sampai ke finishing motor. Beberapa hal tersebut yang akan mempengaruhi penilaian Juri terhadap sebuah karya.

€œPada saat technical meeting akan dilakukan beberapa ketentuan mengenai kriteria penilaian yang akan dilakukan. Penilaian dari juri pasti akan berkurang jika ternyata ada part palsu yang digunakan oleh peserta. Nantinya juri akan memberikan edukasi dan juga inspirasi kepada peserta bahwa keutamaan dalam membuat sebuah karya itu lebih kepada kreatifitas dan keoriginalitasan,€ tegas Rizky.

1 dari 1 Halaman

Pencegahan knalpot palsu

Pakai Knalpot Palsu di Kontes Custom Ini? Jangan Harap Bisa MenangPencegahan knalpot palsu

Untuk meminimalisir penggunaan part-part palsu dalam kontes custom tersebut, pihak penyelenggara akan melakukan beberapa langkah, Misalnya di awal juri akan memberitahukan kekurangan apa saja pada motor, dan apa saja yang bisa dilakukan untuk menyempurnakan karya mereka.

??Jika ada yang menggunakan produk palsu, Juri akan memberikan inspirasi pada builder untuk mulai berani memproduksi part sendiri. Dari sisi teknis, builder bisa langsung berdiskusi dengan juri mengenai cara pembuatan part yang mereka butuhkan,? paparnya.

Suryanation Motorland sendiri bisa dibilang merupakan barometer kontes motor custom di Tanah Air. Suryanation Motorland Battle tahun ini akan diadakan di Medan, Palembang, Denpasar, Makassar, Surabaya dan acara puncak Suryanation Motorland Show Off akan dilaksanakan di Jakarta.

Yang menarik, selain melibatkan dua builder nasional dengan pengalaman internasional, Veroland (Kickass Choppers) dan Dodi Irhas (Dodi Chrome Cycles) sebagai dewan juri, akan hadir juri-juri mancanegara.

Builder-builder internasional akan memberikan penilaian secara bergantian di setiap kota . Mereka adalah Samuel (Abnormal Cycles - Italia) yang akan hadir di kota Medan, Christian Sosa (Sosa Metalworks - Amerika Serikat) di Palembang, Kaichiro Kurosu (Cherry??s Company - Jepang) di Makassar, Winston Yeh (Rough Crafts ?? Taiwan) di Denpasar dan Pete Pearson (Rocket Bobs Cycles ?? Inggris) di Surabaya.

Tahun ini Custom Bike Contest pada Suryanation Motorland Battle masih akan menghadirkan beberapa kelas untuk kategori dibawah 250cc (U250cc) dan diatas 250cc (A250cc).

Berbagai kelas yang akan dihadirkan antara lain adalah Kelas Chopper / Bobber U250cc, Scrambler / Tracker U250cc, Cafe Racer U250cc, Street Cub / Choppy Cub U250cc, Sport FFA, Chopper / Bobber A250cc, Scrambler / Tracker A250cc, Free For All (FFA), Exhibition Class yang terbagi menjadi Classic Bikes, Classic Scooter, Matic Custom, Moto-Art: Pinstripe dan Lettering, Best American V Twin, Best Mini Bike, Best Painting dan Recognition Awards (Suryanation Committee Pick, Media Pick dan Judges Pick).

BERI KOMENTAR