HOME » BERITA » PAKAI MESIN XPANDER, TENAGA ALL-NEW NISSAN LIVINA MALAH TURUN

Pakai Mesin Xpander, Tenaga All-New Nissan Livina Malah Turun

All-new Nissan Livina yang baru meluncur hari ini, Selasa (19/2/2019), memiliki desain yang sangat mirip dengan Mitsubishi Xpander. Perbedaan mencolok keduanya hanya terlihat pada bentuk grille nya yang hadir dengan gaya V-motion.

Selasa, 19 Februari 2019 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
All-New Nissan Livina 2019 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - All-new Nissan Livina yang baru meluncur hari ini, Selasa (19/2/2019), memiliki desain yang sangat mirip dengan Mitsubishi Xpander. Perbedaan mencolok keduanya hanya terlihat pada bentuk grille nya yang hadir dengan gaya V-motion.

Tapi kemiripan keduanya dirasa wajar. Sebab, All-New Nissan Livina memang berbagi platform dengan Mitsubishi Xpander.

Tidak hanya platformnya yang sama, mesin yang digunakan oleh Livina terbaru ini juga akan sama persis dengan mesin dari Xpander, yakni mesin bensin 1.5L DOHC. Mesin itu dikawinkan dengan ternasmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan, yang menyalurkan tenaga 102 hp dan torsi 141 Nm.

Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, Livina masih menggunakan mesin buatan Nissan sendiri. Mesin 1.5L 4-silinder DOHC itu memiliki tenaga lebih besar, 107 hp dan torsi 144 Nm. Livina model sebelumnya juga menggunakan transmisi Xtronic CVT, yang dinilai lebih baik ketimbang model saat ini yang memakai transmisi otomatis konvensional.

Hilangnya Xtronic CVT di model teranyar Livina ini memang banyak yang menyayangkan. Apalagi melihat besarnya tenaga Livina baru, yang justru menurun.

Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi, membeberkan alasan mereka tidak menyertakan varian transmisi Xtronic CVT pada all-new Livina 2019 ini.

"Kami coba sejalan dengan apa yang diinginkan pasar. Memang dulu ada (Livina dengan Xtronic CVT), tapi kami coba kembali pada apa yang dibutuhkan dan diinginkan pasar. Karenanya kami bisa memberikan yang terbaik, bukan hanya mobil yang terbaik tetapi juga lainnya," jelas Isao Sekiguchi.

(kpl/ikb/tys)

BERI KOMENTAR