HOME » BERITA » PAKAI MICROWAVE BISA BIKIN MESIN PANJANG UMUR

Pakai Microwave Bisa Bikin Mesin Panjang Umur

Kampanye pengurangan emisi kendaraan bermotor dilakukan oleh semua negara. Setiap negara kini tengah menerapkan regulasi untuk mengembangkan mobil ramah lingkungan seperti mobil listrik.

Senin, 17 Desember 2018 16:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi pemasangan mesin (Superstreetonline.com)

OTOSIA.COM - Kampanye pengurangan emisi kendaraan bermotor dilakukan oleh semua negara. Setiap negara kini tengah menerapkan regulasi untuk mengembangkan mobil ramah lingkungan seperti mobil listrik.

Hanya saja tak semua pemain di industri otomotif berpikir demikian. MWI Micro Wave Ignition AG, sebuah starup asal Jerman di mana shareholder-nya adalah Wendelin Wiedeking (ex-CEO POrsche) memiliki konsep untuk memperpanjang umur mesin konvensional.

Dilansir Carscoops, startup asal Jerman tersebut bisa memanfaatkan gelombang microwave untuk membakar bahan bakar di dalam mesin. Sehingga tidak lagi dibutuhkan busi atau glow plugs.

Konsumsi bahan bakar diklaim lebih hemat 30 persen dan emisi berkurang 80 persen. Hasil tersebut bisa dicapai berkat bahan bakar yang terbakar di temperatur lebih rendah.

Dengan membuat mesin konvensional lebih efisien, mobil tradisional dapat berumur lebih panjang sebelum digantikan keberadaannya oleh mobil listrik. Terutama bagi pabrikan otomotif yang masih mengembangkan mesin konvensial.

Kelebihan utama dari penggunaan gelombang microwave tersebut adalah rancang bangun mesin yang sekarang bisa mengadopsi teknologi tersebut.

Saat ini NWI Micro Wave Ignition AG sedang mencari calon pembeli dan juga partner yang dibutuhkan untuk mempromosikan teknologi.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR