HOME » BERITA » PAKAI PANEL SURYA, SEDAN HYUNDAI TAK TAKUT LISTRIK PADAM

Pakai Panel Surya, Sedan Hyundai Tak Takut Listrik Padam

Hyundai ciptakan mobil listrik yang tak takut listrik padam, Hyundai Sonata Hybrid dengan atap panel surya.

Rabu, 07 Agustus 2019 13:15 Editor : Cornelius Candra
Pakai Panel Surya, Sedan Hyundai Tak Takut Listrik Padam
Hyundai Sonata Hybrid (Carscoops.com)

OTOSIA.COM - Pada Minggu kemarin (4/8) wilayah Jabodetabek dan Banten dilanda mati listrik yang cukup lama. Hal ini tentu memunculkan kekhawatiran seandainya nanti Indonesia beralih ke mobil listrik.

Ya, mengandalkan baterai yang diisi ulang seperti smartphone, pemilik mobil listrik akan kerepotan untuk mengisi ulang daya kendaraannya jika terjadi mati listrik.

Namun, Hyundai ternyata memiliki strategi yang bisa dibilang cocok untuk mengatasi ketakutan tersebut. Pabrikan asal Korea selatan ini menyematkan panel surya di atas sedan mereka, Hyundai Sonata Hybrid 2020.

Mengutip dari Carscoops.com, hadirnya panel surya di atap Hyundai Sonata Hybrid bisa mengisi ulang daya baterai sekitar 30-60%. Dengan kondisi baterai terisi penuh, mobil ini dapat menempuh total 1.300 km.

1 dari 1 Halaman

Efisien dan Bersih

Pakai Panel Surya, Sedan Hyundai Tak Takut Listrik PadamEfisien dan Bersih

Seperti panel surya pada umumnya, atap Hyundai Sonata Hybrid akan mengonversikan energi panas yang diserap menjadi tenaga listrik dan disimpan di dalam baterai. Selain efisien, teknologi ini juga diklaim lebih ramah lingkungan.

"Teknologi atap panel surya adalah contoh baik bagaimana Hyundai Motor terus berkembang untuk menjadi penyedia transportasi yang bersih. Teknologi ini membuat konsumen kami berpern aktif memerangi isu emisi gas buang," jelas Heui Won Yang, Senior Vice President Hyundai Motor Group.

Sayangnya mobil ini hanya dijual di Amerika Utara. Di sana, Hyundai Sonata Hybrid mengandalkan mesin Smartstream G2.0 GDi HEV. Dapur pacu tersebut dikawinkan dengan transmisi hybrid 6-percepatan dengan teknologi Active Shift Control.

Mesin bensinnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 hp dan torsi 188 Nm. Sementara itu, motor listriknya menyumbang daya 51 hp dengan torsi 205 Nm.

BERI KOMENTAR