HOME » BERITA » PAKAI REM BALAPAN UNTUK HARIAN MALAH BISA BAHAYAKAN PENGENDARA, SUDAH TAHU?

Pakai Rem Balapan untuk Harian Malah Bisa Bahayakan Pengendara, Sudah Tahu?

Untuk mendapatkan pengereman yang lebih pakem, beberapa orang mungkin terpikir untuk mengganti rem kendaraannya dengan rem kendaraan balap. Padahal itu justru membahayakan.

Selasa, 23 April 2019 20:45 Editor : Dini Arining Tyas
Formula 1 (bola.net)

OTOSIA.COM - Jika sedang menonton balapan, baik MotoGP ataupun Formula 1 (F1), sempat terlintas soal sistem pengereman kendaraan balapan yang lebih pakem. Pernah tidak terpikir memakainya untuk kendaraan harian?

Jika pernah, lebih baik tak usah direalisasikan ya Otolovers. Sebab, ternyata pemakaian rem balapan tak cocok untuk kendaraan harian, karena justru akan membahayakan pengendara.

Melansir Zing, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah fungsi sistem pengereman itu sendiri. Sebab, pola kerja sistem pengereman untuk kendaraan balap berbeda dengan kendaraan yang dipakai sehari-hari.

Pada rem kendaraan sehari-hari, ketika pengemudi menginjak pedal rem, bantalan rem akan mengencangkan cakram rem untuk membuat mobil melambat. Tapi tidak untuk kendaraan balap.

Sistem rem pada kendaraan balap hanya akan bekerja ketika ambang suhu tertentu tercapai. Jadi, jika Otolovers adalah penggemar balapan seperti MotoGp atau Formula 1, pasti akan menyaksikan pemanasan dari setiap pembalap.

Saat pemanasan atau warm up lap itu, pembalap akan sering mengerem terus menerus untuk mendorong suhu sistem rem naik. Ini adalah alasan utama bahwa pabrikan mobil tidak memasang rem balap untuk kendaraan komersial. Karena untuk menghindari insiden berbahaya.

Selain berbahaya untuk pengendara itu sendiri, juga berbahaya untuk pengendara lain.

Selain itu, biaya sistem rem balap juga lebih mahal. Bisa tiga kali lipat dari sistem rem mobil komersial.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR