HOME » BERITA » PAMERAN KENDARAAN KOMERSIAL TERBESAR SIAP DIGELAR TAHUN DEPAN

Pameran Kendaraan Komersial Terbesar Siap Digelar Tahun Depan

Kamis, 07 Desember 2017 11:30

Pameran Kendaraan Komersial Terbesar Siap Digelar Tahun Depan
Mitsubishi Fuso (foto: Arsip Otosia)
Editor : Fajar Ardiansyah | Reporter : Nazarrudin Ray

Otosia.com - Tak bisa dipungkiri jika Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat perkembangan industri manufaktur yang cukup tinggi. Bukan tanpa alasan, Indonesia yang giat dalam ekspor komoditas, proses pembangungan infrastruktur dan kegiatan operasional di Indonesia, serta memiliki kelas menengah yang berkembang pesat. Bersama-sama, faktor-faktor ini menciptakan kekuatan konsumen yang kuat.

Dengan tingginya permintaan komoditas baik migas dan non-migas, serta aktivitas pembangunan infrastruktur di Indonesia, tak heran jika Indonesia menjadi negara dengan mobilitas kendaraan komersial yang tinggi, tercatat kenaikan antara dari 9% (Gross Vehicle Weight <5 ton) hingga 103% (GVW > 24 ton). Bahkan, jumlah penjualan kendaraan komersial di Indonesia mencapai angka lebih dari 80 ribu unit hingga Oktober 2017.

Untuk itulah Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bersiap menghadirkan pameran khusus kendaraan komersial pada tahun depan.

Pameran bernama Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) akan diselenggarakan pada 1 – 4 Maret 2018, di Jakarta Convention Center (JCC).

“Kami percaya, industri otomotif Indonesia ke depannya akan terus tumbuh dan berkembang. Kondisi pasar yang luas dan penyesuaian regulasi bisa memberikan stimulus yang positif. Khususnya industri kendaraan komersial, jika melihat besarnya pasar, Indonesia memiliki performa penjualan kendaraan komersial di kisaran angka 80 ribu unit per tahun. Angka ini juga masih bisa dikembangkan karena jumlah pertumbuhan industri di Indonesia yang diprediksi mencapai 5,4%,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

Nangoi menjelaskan kenaikan tersebut berasal dari tumbuhnya infrastuktur Indonesia, membaiknya harga komoditas industri migas serta non-migas, hingga pertumbuhan kawasan industri yang cukup pesat, dimana menurut data Kementerian Perindustrian Indonesia saat ini 73 kawasan industri telah beroperasi di Indonesia.

Dalam hal ukuran pasar, dengan luasan dan pertumbuhan pesat di berbagai sektor, termasuk infrastruktur dan industri, Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial bagi industri kendaraan komersial.

Menurut Kementerian Perindustrian Indonesia, beberapa kawasan industri di Tanah Air telah siap diisi oleh investor dan didukung dengan fasilitas penunjang seperti pelabuhan dan infrastruktur lainnya. Kawasan tersebut terbentang mulai dari areal Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi. Kememperin juga mencatat, mulai tahun 2017-2020 sudah ada 89 proyek investasi dengan nilai mencapai hingga Rp 527,5 Triliun.

Selain tumbuhnya sektor, infrastuktur, membaiknya komoditas industri migas dan non-migas, hingga kawasan industri, peningkatan permintaan akan kendaraan komersial juga datang dari berbagai industri di Indonesia, seperti, logistik, retail dan lainnya. Sedang pertumbuhan industri transportasi umum, dan pariwisata juga menumbuhkan permintaan terhadap bis yang dapat memenuhi kebutuhan industri tersebut.

 (kpl/nz/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-7
detail

BERITA POPULER