HOME » BERITA » PANDANGAN PERTAMA NEW XPANDER CROSS, APA SAJA PERUBAHANNYA?

Pandangan Pertama New Xpander Cross, Apa Saja Perubahannya?

Selain Xpander biasa, Mitsubishi juga beri penyegaran pada Xpander Cross. Simak fitur-fitur terbarunya disini.

Rabu, 10 November 2021 20:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Pandangan Pertama New Xpander Cross, Apa Saja Perubahannya?
Mitsubishi Xpander Cross facelift (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru saja meluncurkan dua produk baru sekaligus di waktu yang bersamaan. Pertama adalah New Xpander tdan New Xpander Cross.

Pada saat otosia.com melihat kedua mobil baru tersebut, New Xpander nampak mendapatkan perubahan signifikan. Eksterior mobil itu dibuat lebih up to date melalui penyematan lampu LED depan belakang "T-Shape", pelek 17 inci two tone model kipas, dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, Mitsubishi Xpander Cross tidak terlihat berbeda dari sebelumnya. Bahkan, mobil tersebut bisa tidak mendapatkan perubahan sama sekali. Lantas, pada versi facelift ini, apa saja penyegaran yang diberikan MMKSI?

1 dari 7 Halaman

Eksterior tidak berubah

Sisi belakang Mitsubishi Xpander Cross facelift (Otosia.com/Nazarudin Ray)

New Xpander Cross tetap mempertahankan tampilan tangguh dan mewah. Hanya saja, grille New Xpander Cross mendapatkan penyegaran dengan New Black Metallic Grille yang memperkuat tampilan tangguh nan mewah dari sebuah SUV. Aksen-aksen offroad, seperti overfender dan under guard tebal tetap tersemat pada setiap sisi mobil.

Meski belum mengusung desain dari Xpander biasa, fitur pada eksterior mobil ini tidak kalah komplet. Sebagai contoh, pelek lima palang bawaannya berukuran 17 inci, pencahayaan depan dan belakang sudah dipenuhi bohlam LED, dan khusus pada Xpander Cross, ada roof rail di atas.

Dengan demikian, Mitsubishi bisa jadi memberikan plihan yang menarik bagi konsumen. Xpander biasa dengan tampang barunya menunjukkan arah konsep desain Mitsubishi kedepannya, sementara Xpander Cross menjadi jawaban bagi para peminat Xpander dengan jiwa adventurous.

2 dari 7 Halaman

Interior Baru

Interior Mitsubishi Xpander Cross facelift (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Berbeda dengan eksterior, Xpander Cross mendapatkan rombakan berat di bagian kabin. SUV itu diberikan interior baru dengan desain yang lebih modern dan sleek dibanding sebelumnya.

Sama seperti Xpander biasa, versi Cross mendapatkan setir tiga palang baru dengan aksen silver di sekitarnya.

Di bagian kanan setir terletak tombol cruise control yang menetapkan kecepatan konstan saat berjalan jauh, dan di sebelah kiri ditemukan tombol-tombol audio steering switch yang memudahkan pengemudi untuk mengontrol lagu ataupun volume, tanpa perlu mengalihkan perhatian selama berkendara.

3 dari 7 Halaman

Bentuk dasbor horizontal baru terlihat mewah berkat aksen-aksen silver, mulai dari konsol tengah hingga sekitar ventilasi AC. Yang menarik, di bawah area itu terdapat tombol-tombol AC digital baru.

Selain terlihat mewah, mobil bisa didinginkan lebih cepat melalui pemencetan tombol "Max Cool" supaya AC berada di temperatur terendah dan akan menyemburkan angin secara maksimal.

MMKSI menyematkan panel-panel soft touch di sekitar interior Xpander Cross, sebuah fitur mewah yang lebih sering ditemukan pada mobil-mobil premium dengan harga setengah miliar ke atas.  Fitur ini ditemukan pada bagian dasbor hingga panel pintu sekalipun.

4 dari 7 Halaman

Interiornya didominasi warna navy blue dan hitam, mulai dari dasbor hingga jok. Masih mencermati kursi mobil, sama seperti Xpander Cross sebelumnya, tipe tertinggi sudah dibalut bahan kulit.

Perubahan lain mencakup armrest depan yang selama ini absen dari Xpander, outlet pengecasan untuk baris kedua dengan colokan USB dan Type C, serta armrest baris kedua yang hadir dengan cup holder.

5 dari 7 Halaman

Fitur keselamatan dan performa

Kursi belakang Mitsubishi Xpander Cross facelift (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Lantaran mayoritas perubahan Xpander Cross dilakukan di bagian interior, mobil tersebut turut mendapatkan teknologi baru, seperti Xpander biasa.

Pada model lama, Xpander masih mengusung sistem rem tangan. Kini mobil tersebut sudah diberikan rem parkir elektrik dengan fitur auto hold, supaya mobil tidak "nyundul", seperti di jalan tanjakan.

Selain itu, terletak di sebelah tombol Active Stability Control (ASC) adalah tombol Idling Start Stop (ISS). Alat ini berfungsi untuk menghemat konsumsi BBM sekaligus mengurangi emisi dengan cara mematikan mesin di saat kondisi mobil sedang stasioner.

6 dari 7 Halaman

Sementara fitur keselamatan standarnya, seperti ABS, EBD, ASC, Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), dan dual airbags, tetap disematkan untuk setiap model.

Dapur pacu mobil itu tetap menggunakan mesin 1.500cc MIVEC DOHC dengan output 105 PS dan torsi 141 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT baru, meninggalkan transmisi otomatis 4 percepatan di model sebelumnya. Mesin ini diklaim sudah lulus emisi Euro4.

7 dari 7 Halaman

New Mitsubishi Xpander Cross tersedia dengan tiga tipe, yakni pander Cross Premium Package CVT, Xpander Cross CVT, dan Xpander Cross MT.

Untuk warna, Xpander Cross tersedia dengan lima pilihan, mulai dari Quartz White Pearl, warna baru Blade Silver Metallic, Jet Black Mica, Graphite Gray Metallic, dan Sunrise Orange. Seluruh varian Xpander Cross hadir dengan warna interior Black and Navy.

BERI KOMENTAR