HOME » BERITA » PANDEMI COVID-19 TAK HALANGI PAMBANGUNAN JALAN TOL

Pandemi COVID-19 Tak Halangi Pambangunan Jalan Tol

Meski sedang di tengah pandemi virus Corona (COVID-19), pembangunan jalan tol di sejumlah daerah ditargetkan selesai tepat waktu.

Selasa, 21 April 2020 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Pandemi COVID-19 Tak Halangi Pambangunan Jalan Tol
Pembangunan Tol Serpong-Cinere (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Di tengah pandemi virus Corona (COVID-19), pembangunan sejumlah jalan tol di berbagia daerah terus berlangsung. Jalan tol itu ditargetkan bisa dioperasikan tepat waktu.

Dilansir dari Liputan6.com, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, pihaknya terus mengkaji kemungkinan penyelesaian tol tepat waktu. Informasi terbaru akan segera disampaikan pasca mendapat konfirmasi dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Ini baru di-update mingguan. Mungkin besok baru bisa kita update setelah kirim nota dinas ke Pak Menteri (Basuki)," ujar dia kepada Liputan6.com, Senin (20/4/2020).

Adapun berdasarkan laporam yang disampaikan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tetap berupaya mengejar target konstruksi dan operasional sejumlah ruas tol di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

1 dari 2 Halaman

Seperti yang dilontarkan PT Waskita Toll Road (WTR), BUJT yang merupakan anak usaha dari PT Waskita Karya Tbk. Kendati terhambat karena penyebaran virus corona, WTR dianggap tetap mematuhi instruksi Kementerian PUPR agar pekerjaan konstruksi infrastruktur proyek strategis nasional (PSN) tetap berjalan.

"Mereka mengatakan sejauh ini belum ada perubahan target. Sekarang ini kami lagi kaji dampaknya terhadap kecepatan penyelesaian konstruksi," tulis Bina Marga melalui akun Twitter resmi @Info_BinaMarga.

WTR menargetkan beberapa ruas jalan tol akan mulai beroperasi tahun ini. Salah satunya Jalan Tol Trans Sumatera ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung yang baru beroperasi non-tarif awal April 2020 sepanjang 29,39 km.

 

2 dari 2 Halaman

Selanjutnya, ruas tol milik WTR lain yang ditargetkan dapat beroperasi 2020 yakni ruas tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar di Surabaya untuk seksi 1-3, lalu ruas Tol Cimanggis-Cibitung seksi 1, serta ruas Tol Cibitung-Tanjung Priok seksi 1 dan 2.

BUJT lainnya yakni Hutama Karya juga menargetkan tiga ruas tol yang akan dioperasikan pada tahun ini. Antara lain ruas Tol Pekanbaru?Dumai Seksi 1-6 sepanjang 131 km, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) sepanjang 13,5 km, dan Tol Medan-Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia-Helvetia) sepanjang 6 km.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk masih mengevaluasi target operasional sejumlah jalan tol. Ruas tol yang diperkirakan dapat selesai konstruksi yakni ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang terdiri atas ruas Cinere-Serpong dan Kunciran-Cengkareng.

BERI KOMENTAR