HOME » BERITA » PANGSA PASAR KENDARAAN LISTRIK CAPAI REKOR BARU, KONSUMEN DINILAI LOYAL

Pangsa Pasar Kendaraan Listrik Capai Rekor Baru, Konsumen Dinilai Loyal

Pendaftaran kendaraan listrik mencapai rekor baru di Amerika Serikat tahun lalu

Minggu, 21 Februari 2021 08:15 Editor : Ahmad Muzaki
Pangsa Pasar Kendaraan Listrik Capai Rekor Baru, Konsumen Dinilai Loyal
Mobil listrik Tesla (Carscoops)

OTOSIA.COM - Industri kendaraan listrik memang sedang tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi hampir semua pabrikan otomotif mulai menyasar pangsa pasar ini.

Bahkan, melansir Carscoops, IHS Markit mengungkapkan bahwa pendaftaran kendaraan listrik mencapai rekor baru di Amerika Serikat tahun lalu. Meskipun peningkatannya tak terlalu tinggi, hanya 1,8%.

1 dari 2 Halaman

Namun diprediksi pangsa pasar kendaraan listrik mulai meningkat seiring berjalannya waktu. Terlebih lagi, Desember 2020 menjadi bulan tertinggi registrasi kendaraan listrik baru sebesar 2,5%.

Tak hanya itu saja, pendaftaran kendaraan listrik baru menyumbang 2,8% dari total registrasi di bulan Desember lalu. Artinya lebih dari tiga kali lipat peningkatan terjadi dibandingkan tiga tahun lalu.

2 dari 2 Halaman

IHS Markit pun memperkirakan jika pangsa pasar kendaraan listrik mencapai 3,5% pada 2021 ini. Lebih jauh, diperkirakan angka ini akan melebihi 10% pada 2025.

Menariknya peningkatan ini juga diikuti oleh loyalitas pemilik kendaraan listrik. Kebanyakan dari mereka lebih senang mengendarai kendaraan listrik dan tak ingin lagi menggunakan kendaraan bermesin pembakaran internal.

"Penerimaan konsumen terhadap kendaraan listrik meningkat, meskipun dengan kecepatan sedang, dan sekarang berada pada level rekor," kata Associate Director of Industry Analysis IHS Markit, Tom Libby.

BERI KOMENTAR