HOME » BERITA » PANIK SALAH INJAK PEDAL, PAJERO BARU STOP 5 DETIK

Panik Salah Injak Pedal, Pajero Baru Stop 5 Detik

Jum'at, 05 Mei 2017 12:15

Panik Salah Injak Pedal, Pajero Baru Stop 5 Detik
Foto: Nazar Ray
Editor : Ahmad Khoirudin | Reporter : Nazar Ray Mobil Terkait : Mobil Mitsubishi Pajero Dijual

Otosia.com - Urusan rem agaknya menjadi perhatian penting bagi Mitsubishi di Indonesia saat meluncurkan Pajero baru varian Sport Dakar Ultimate di IIMS 2017.

Selain memiliki rem otomatis melalui FCM atau Forward Collision Mitigation System, ada pula Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System (UMS).

Menurut pihak Mitsubishi, UMS ditujukan pada kondisi ketika pengendara salah injak pedal karena panik.

"Di bagian depan terdapat empat sensor, di belakang juga ada. Jadi, pakai ultrasonik, sebenarnya mirip dengan sensor mundur. Jadi ini syaratnya bukan digas pelan-pelan. Ini saat orang mau injak rem, malah injak gas, panik, nah di situ (sensornya bekerja)," ujar Guntur Harling, Head of Product Planning PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Ia menjelaskan bahwa sistem ini tidak bekerja jika gerakan terbaca disengaja. Penekanan kerja sistem karena salah injak pedal ada pada kata "mis" di nama sistem UMS tersebut.

"Kalau pelan-pelan ya nabrak juga. Makanya ini namanya Ultrasonic Mis... ada 'mis'-nya, ada akselerasi yang tidak diharapkan, baik maju maupun mundur, bisa dicegah."

Pada prosesnya, sensor akan menahan daya yang dikeluarkan mesin. Lama waktu menahan menurut keterangan lebih kurang selama 5 detik.

 (kpl/nzr/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER