HOME » BERITA » PARA DRIVER OJOL KENA TIPU ORDER FIKTIF MAKANAN SAAT KRISIS COVID-19

Para Driver Ojol Kena Tipu Order Fiktif Makanan saat Krisis COVID-19

Baru-baru ini ramai menjadi perbincangan tentang orderan fiktif yang dialami driver ojol saat krisis virus Corona (COVID-19).

Kamis, 09 April 2020 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Para Driver Ojol Kena Tipu Order Fiktif Makanan saat Krisis COVID-19
Penipuan ojek online (Instagram/wilandini)

OTOSIA.COM - Pandemi virus Corona (COVID-19) menyulitkan berbagai pihak. Di tengah kondisi seperti ini sayangnya masih ada orang yang berlaku tak terpuji. Seperti kejadian yang dialami oleh beberapa driver ojek online.

Melansir Merdeka.com, oknum nakal tersebut memesan makanan dengan harga ratusan ribu rupiah. Si pemesan memasukkan alamat pengantaran makanan ke alamat orang lain.

Tak hanya satu kali, tapi berkali-kali driver ojol terjebak order fiktif tersebut ke alamat yang sama. Melalui Instagram Story, pemilik rumah alamat pengantaran pesanan itu pun membagikan kisahnya.

1 dari 9 Halaman

(Instagram/wilandini)

Pemilik akun Instagram @wiladini mengatakan bahwa ada driver ojol pengantar makanan yang datang ke rumahnya. Padahal semua orang di rumahnya tak ada yang memesan.

"Ada abang grab dateng ke rumah anterin KFC padahal orang rumah enggak ada yang pesan, Ya, senang dong kirain secret admirer. Tahunya itu grab dibayar tunai (sudah kayak mas kawin), jadi artinya dia ditipu," tulis pemilik nama Mayang, di Instagram Stories.

"Karena kasihan banget sama abangnya, akhirnya diganti lah uangnya. Dan jujur yang dipesan aneh-aneh kayak perkedel dan soup? Jumlahnya 230.000 atas nama Alohot pesan jam 3," sambungnya.

2 dari 9 Halaman

(Instagram/wilandini)

Hanya berselang 20 menit, driver ojol pengantar makanan datang kembali ke rumah Mayang. Anehnya, yang memesan juga atas nama Alohot, seperti sebelumnya.

"terus enggak sampai 20 menit, ada abang grab lagi, kali ini pesanannya burger king, 230.000 juga. Atas nama Alohot juga, pesannya jam 3 juga. Gue enggak tahu siapa itu Alohot cuma ya jahat banget sih lu," ungkap kekesalannya.

"Sekarang kalau ada abang grab bawa makanan jadi deg2an :(," sambungnya.

3 dari 9 Halaman

(Instagram/wilandini)

Lebih lanjut, pemilik akun Instagram wilandini ini menjelaskan, Pak Alohot beberapa kali sudah ditelepon. Awalnya diangkat tetapi kemudian dimatikan. Setelahnya, saat ditelepon tidak pernah diangkat dan di chat juga tidak membalas.

"Pak Alohot nya ditelepon pertama diangkat tapi dimatiin sama dia, habis itu enggak diangkat, di chat berkali-kali enggak dibales tapi terkirim. Kayak... jahat banget aja enggak sih?" ungkapnya.

4 dari 9 Halaman

(Instagram/wilandini)

Belum berhenti di situ, pemilik akun Instagram wilandini kembali didatangi oleh driver ojol pengantar makanan. Kasusnya hampir sama seperti sebelumnya. Ada yang memesan dan alamat tujuan berada di rumahnya.

"Ada lagi nih yang ke-3 kali, baru banget, pesanannya hokben 250an, orangnya awalnya dichat aktif banget. Pas driver nya chat sudah sampai, enggak dibales lagi dan enggak bisa ditelepon. Yes, alamat rumahnya tujuannya ke rumah gue persis, bayarnya tunai :)," jelasnya.

(Instagram/wilandini)

Mengetahui dirinya terkena tipu, bapak driver ojol ini justru memberikan jawaban yang menyentuh hati. Dirinya ikhlas dan akan memberikan makanannya ke panti asuhan. Bapak driver ojol ini berpikir jika dirinya mungkin kurang beramal.

"Gue berkali-kali bilang 'pak saya transfer aja ya pak, gapapa pak kita semua sama sama lagi susah kok, gapapa pak' (jawaban driver ojol) 'Mba, ini banyak banget dan bukan mbak yang pesan, saya beneran gapapa mbak insyaAllah saya ikhlas' makin nangis dong," ungkapnya menjelaskan.

5 dari 9 Halaman

(Instagram/wilandini)

Masih terus berlanjut. Belum selesai dengan pesanan yang ketiga, datang driver ojol pengantar makanan e rumah Mayang. Sama seperti lainnya, alamat tujuannya persis di rumah pemilik akun Instagram wilandini dan dibayar tunai.

"Ok ada 1 lagi, martabak orins, 247.000 tunai. Enggak tahu ini siapa tapi kok jahat banget ya. Kalau dia mau jahat sama keluarga gue, enggak kasihan ya sama abang grab-nya?" paparnya.

6 dari 9 Halaman

(Instagram/wilandini)

Kemudian, datang lagi abang driver ojol pengantar makanan. Kali ini total biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp265 ribu.

"Ada lagi nih, dari richeese 265.000. Orang kok jahat-jahat banget ya," kesalnya.

7 dari 9 Halaman

Berlanjut Hingga Malam

(Instagram/wilandini)

Hingga malam tiba pun, insiden ini masih terus berlanjut. Modus penipuan masih tetap sama seperti sebelumnya. Anehnya, hampir semua pesanan harus dibayar sekitar 200 ribuan.

"Jeng jeng, datang lagi mcd nih. Totalnya 250.000," sambungnya.

8 dari 9 Halaman

(Instagram/wilandini)

Melihat Instagram Stories-nya, banyak netizen yang menyuruh si pemilik akun untuk menelepon pihak ojol. Ya, Mayang mengaku sudah menelepon pihak ojol untuk memblokir alamat rumahnya.

"Untuk yang suruh gue telepon gra, gue sudah telepon CS grab sampai 1 jam untuk block alamat rumah gue, tapi enggak ada solusi. Dan untuk reimburse harus grab nya sendiri yang lapor," kata pemilik akun Instagram wilandini.

Pemilik akun Instagram mendapatkan pesanan makanan hingga 11 kali. Semua orderan itu pun juga harus dibayar tunai olehnya. Sontak saja, Mayang langsung melapor ke pihak perusahaan. Beruntung, pihak perusahaan sangat kooperatif dengan masalah tersebut.

 

9 dari 9 Halaman

(Instagram/wilandini)

"Update: pihak @grabid @grabfoodid sudah sangat kooperatif dengan waktu yang cepat reimburse uangnya, walaupun ada beberapa yang belum masuk, tapi kemungkinan akan di update lagi sesuai dengan jumlah total yang dikeluarkan. Terima kasih banyak banget untuk semua pihak yang sudah dan mau membantu," tutupnya.

BERI KOMENTAR